Image

Gaji Anda Naik? Please Jangan Lakukan Ini, Salah Satunya Hidup Konsumtif!

Agregasi Minggu 24 September 2017, 22:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 21 320 1780291 gaji-anda-naik-please-jangan-lakukan-ini-salah-satunya-hidup-konsumtif-ro4fpMSWGF.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Siapa karyawan yang tidak ingin gajinya naik setiap tahunnya? Hal tersebut malah selalu menjadi harapan para pekerja dengan tujuan kehidupannya bisa lebih sejahtera dibandingkan sebelumnya.

Namun, ternyata terjadinya kenaikan gaji tidak selalu bisa membuat karyawanya menjadi hidup lebih baik dan sejahtera. Ada beberapa penyebab yang membuat karyawan belum bisa mendapatkan keinginan tersebut.

Kenaikan gaji biasanya akan diberikan sesuai dengan meningkatnya kinerja karyawan yang membuat perusahaan juga mengalami peningkatan profit. Kenaikan gaji juga biasanya sangat diharapkan karena para pekerja ingin lebih leluasa dalam mengatasi masalah keuangan. Tapi, tidak sedikit pekerja yang ternyata menjalani hidup boros dan mewah sejak gajinya dinaikkan. Hal tersebut tentu tidak akan membuat mereka menjadi sejahtera.

Ternyata ada beberapa kesalahan besar yang dilakukan pekerja saat mendapatkan kenaikan gaji dan akhirnya membuat mereka belum bisa sejahtera seperti yang diharapkan.

1. Memilih Gaya Hidup Konsumtif

Saat seseorang mendapatkan gaji yang masih standar, mungkin mereka lebih bisa menghargai uang tersebut untuk digunakan demi menutupi kebutuhan sehari-sehari hingga kebutuhan bulanan. Setelah menerima kenaikan gaji, secara otomatis, ada perubahan yang terjadi dalam gaya hidup. Hal inilah yang menjadi masalah besar dalam keuangan mereka sendiri.

Naik gaji bukan berarti Anda harus mengubah gaya hidup standar menjadi gaya hidup konsumtif. Bertambahnya jumlah uang sebaiknya dioptimalkan untuk menabung dan menjalani gaya hidup yang sama seperti sebelumnya.

2. Tidak Punya Rencana

Ada baiknya mulai membuat perencanaan keuangan seiring kenaikan gaji. Jika sebelumnya Anda sudah melakukan hal ini, tidak akan sulit untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Seperti biasa, saat mendapatkan gaji, utamakan tiga komponen penting dalam keuangan. Sebesar 10% bisa dialokasikan untuk menabung, 10% untuk dana bersenang-senang, dan 10% lainya untuk investasi.

 

3. Makin Suka Pakai Kartu Kredit

Tidak sedikit para pekerja yang mendapatkan kenaikan gaji, terus semakin suka pakai kartu kredit. Itu berarti mereka lebih dekat dengan utang. Mereka menggunakan kartu kredit untuk berbelanja layaknya uang tunai. Atau jika ada penawaran menarik tentang barang yang disukai, tanpa perhitungan, ia akan langsung membelinya secara kredit. Ingat, bahwa semakin akrab dengan utang, semakin keuangan akan terancam.

4. Lupa Berbagi dengan Sesama

Dibandingkan hidup terlalu boros atau selalu menghabiskan sebagian besar gaji untuk bersenang-senang, Anda sebaiknya menggunakan uang tersebut untuk dibagi dengan sesama yang memerlukan. Bisa jadi Anda kurang bersedekah sehingga walaupun gaji sudah naik, tetap saja belum bisa sejahtera.

Hindari Kesalahan Tersebut dengan Bersyukur dan Membuat Perencanaan Keuangan

Saat mendapatkan kenaikan gaji, ada baiknya lebih bersyukur kepada Tuhan bahwa rizki bertambah. Namun, bukan berarti hidup Anda harus berubah total. Sebab dibutuhkan perencanaan keuangan sebelumnya. Membuat perencanaan sangat penting agar bisa mengetahui seberapa besar kebutuhan saat ini. Dan yang pasti tabungan yang masih minim bisa lebih maksimal.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini