Image

6 Kesalahan Finansial yang Bisa Bikin Anda 'Gila', Lupa Sisihkan Tabungan Masa Tua!

Agregasi Minggu 24 September 2017, 23:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 21 320 1780292 6-kesalahan-finansial-yang-bisa-bikin-anda-gila-lupa-sisihkan-tabungan-masa-tua-w4pX048CEl.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Penyesalan dalam hidup ini adalah sesuatu yang tidak bisa kembali. Ada banyak hal yang terkadang membuat kita menyalah diri terus-terusan. Salah satunya adalah penyesalan karena masalah finansial. Jika saat ini sedang menyesali keputusan finansial yang diambil, itu berarti Anda sedang mengalami kerugian yang cukup besar.

Penyesalan karena masalah finansial umumnya terjadi karena telah terlanjur membeli sesuatu yang ternyata tidak dibutuhkan. Atau malah karena menyesal telah membeli sesuatu tersebut. Bahkan, penyesalan tersebut bisa menghantui Anda seumur hidup. Sebab memberi efek jangka panjang pada masa depan nanti. Sebisa mungkin Anda harus menghindari penyesalan karena masalah finansial tersebut dengan cara yang bijak tentunya.

Berikut ini beberapa keputusan finansial yang bisa membuat Anda menyalahkan diri terus-terusan yang harus sebaiknya dihindari.

1. Pakai Minimum Payment untuk Bayar Tagihan Kartu Kredit

Jika Anda memiliki utang kartu kredit, biasanya pada lembar tagihan akan tertera berapa besar tagihan per bulannya. Juga tertera minimum payment yang bisa Anda ambil. Minimum payment umumnya memang lebih kecil angkanya dibandingkan jumlah tagihan yang sebenarnya. Namun, kalau Anda selalu melakukan minimum payment, utang kartu kredit malah akan bertambah besar. Sebab jangka waktu yang cukup lama dan adanya kenaikan bunga kartu kredit.

2. Belum Mulai Sisihkan Uang untuk Tabungan Pensiun

Mungkin karena merasa masih muda, Anda belum memikirkan masalah pensiun. Sebab itu masih cukup lama. Namun, Anda sebaiknya ubah mindset seperti itu karena menyisihkan uang untuk dana pensiun tidak ada salahnya. Semakin dini mengumpulkan dana untuk pensiun, semakin besar uang pensiun Anda.

3. Pakai Tabungan Pensiun Bukan untuk Masanya

Setelah rajin menabung untuk dana pensiun, tiba-tiba saja Anda tergoda ingin membeli produk pakaian bagus yang sedang memberikan diskon saat ini. Kemudian Anda berpikir kapan lagi bisa mendapatkan produk ekslusif yang sedang diskon tersebut. Anda pun mengambil sebagian uang dari tabungan pensiun dengan alasan hanya kali ini saja. Sebaiknya, Anda hilangkan kebiasaan seperti ini. Sebab tabungan disisihkan untuk digunakan pada masa depan nanti. Bukannya digunakan kapan saja seperti tadi.

4. Tanpa Bekal yang Cukup, Ikutan Investasi

Bagaimana jadinya jika seorang pilot tidak mengetahui cara untuk terbang? Pastinya ia akan kebingungan sendiri. Sama halnya jika Anda ingin mulai berinvestasi dengan mengharapkan keuntungan. Namun, Anda kenyataanya tidak memahami investasi tersebut. Begitu banyak orang terkena tipu daya dari beberapa jenis investasi yang ternyata bodong. Sebaiknya, pelajari terlebih dahulu sebelum memulai investasi agar benar-benar mendapat keuntungan.

5. Tidak Menuntaskan Pendidikan

Di sini sekolah hingga ke tingkat tinggi sepertinya masih dianggap luar biasa. Sebab orang yang sempat berkuliah dan lulus menjadi sarjana bisa mendapat pekerjaan yang lebih layak dengan gaji yang maksimal walaupun itu semua tidak menjamin. Seorang CEO Facebook saja bisa sukses tanpa harus menyelesaikan pendidikannya. Namun, kembali ke konsep pendidikan, tidak ada salahnya jika kita berbekal ilmu pendidikan yang tinggi agar bisa lebih pintar dalam mengerjakan pekerjaan ataupun menjalankan bisnis.

6. Melakukan Perhitungan yang Keliru dalam Membeli Properti

Membeli rumah apalagi dilakukan secara kredit adalah salah satu keputusan jangka panjang yang akan memengaruhi keadaan finansial Anda saat ini hingga di masa depan nanti. Karena itu, Anda sebaiknya benar-benar melakukan perhitungan yang jeli saat hendak membeli rumah agar terhindar dari kerugian.

Terapkan Kebiasaan Mengatur Finansial dengan Baik

Beberapa keputusan yang salah tersebut sebetulnya terjadi karena sebagian orang tidak mampu mengatur finansialnya sendiri. Jangan jadikan tabungan sebagai uang yang bisa diambil kapan saja. Dan jangan bangga dengan banyaknya utang. Aturlah keuangan dengan maksimal lewat menabung dan menyimpan uang secara tepat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini