nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peternak Ini Miliki 206 Kambing yang Buat Jokowi Penasaran, Kenapa Ya?

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Minggu 24 September 2017 17:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 24 320 1782080 peternak-ini-miliki-206-kambing-yang-buat-jokowi-penasaran-kenapa-ya-7Ee1BU8jEP.jpg Foto: Presiden Joko Widodo di Jambore Peternakan Nasional

JAKARTA - Presiden RI Joko widodo (Jokowi) mendengarkan cerita dari peternak sapi, kambing hingga domba di acara Jambore Peternakan Nasional 2017 di Buperta Cibubur.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga sempat belajar bagaimana cara berternak kambing kepada salah satu peternak asal Purworejo, Sugiharto. Di mana dari 206 kambing yang dimilikinya hanya dirawat oleh 3 orang sehingga Jokowi merasa rugi karena 11 ekor kambingnya juga dirawat oleh 3 orang.

"Berarti di tempat saya kebanyakan itu. Kambingnya 11 aja ada 3 operatornya. Gini itung-itungannya rugi," papar Jokowi di Cibubur, Minggu (24/9/2017).

Baca Juga: Simak! Ini Cara Bisnis Peternak Kambing yang Bikin Jokowi Merasa Boros

Tak hanya sampai di situ, Jokowi kembali menanyakan berapa keuntungan dengan memelihara kambing sebanyak itu dan apa saja biaya yang dikeluarkan. Hingga Jokowi menanyakan bagaimana jika hewan tersebut sakit dan butuh obat.

Menanggapi hal ini, Sugiharto mengatakan dirinya sudah didampingi oleh psikologi (hewan). Sehingga kalau sakit biasanya ternak disuntik dan gratis.

"Kadang gratis Pak, hanya mengganti bensin saja," ungkapnya kepada Jokowi.

Baca Juga: Ditegur Jokowi soal Aturan Ekspor Domba, Begini Pembelaan Mentan

Mendengar hal ini, Jokowi sedikit kaget dan tidak percaya, sehingga, Jokowi bertanya kembali. "Bener hanya ganti bensin?," tanyanya.

"Saya dari rumah saya sekitar 20 km kadang kadang kita cuma kasih Rp50.000," jawab Sugiharto.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini