Image

TIPS KARIER: Mau Kerja Lebih Produktif? Jangan Lupa Dengarkan Musik hingga Santai Sejenak

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 24 September 2017, 23:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 24 320 1782130 tips-karier-mau-kerja-lebih-produktif-jangan-lupa-dengarkan-musik-hingga-santai-sejenak-aOD0PNYLtk.jpg Ilustrasi:

JAKARTA - Ada ribuan aplikasi yang menjanjikan akan membantu Anda meningkatkan produktivitas dan kinerja Anda.Namun, kadang-kadang semua yang diperlukan untuk meningkatkan fokus adalah perubahan pada kebiasaan dan lingkungan kerja.

Berikut adalah 12 tips sederhana untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja.

1. Rapikan ruang kerja

Sebelum Anda mulai beraktivitas, ambil beberapa saat untuk merapikan dan membersihkan ruang kerja Anda. Memiliki lingkungan kerja yang tertata, membantu Anda berpikir lebih jelas dan menghasilkan kinerja lebih baik. Dengan membersihkan dan mengatur ruangan kerja, Anda juga membuat efisiensi waktu untuk mencari sebuah barang apabila diperlukan.

2. Tambahkan warna atau tanaman hidup

Warna memiliki pengaruh yang besar pada suasana hati dan produktivitas sepanjang hari. Misalnya, warna biru yang mampu menciptakan perasaan tenang sehingga meningkatkan fokus. Sementara warna merah sangat cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan ketepatan dan perhatian terhadap detail.

Selain warna yang sesuai, ternyata tanaman juga dapat membantu meningkatkan fokus. Sebuah, studi dari Washington State University menemukan bahwa pekerja yang menaruh tanaman di jendela ruang kerja cenderung tidak stres dan lebih produktif.

3. Menghias ruang kerja Anda

Selain warna dan tanaman hidup, beberapa pernak-pernik pribadi di ruang kerja, juga dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan santai, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas. Pernak pernik yang bersifat memorabilia, seperti kelulusan dan penghargaan, membuat Anda merasa sukses dan dihargai.

4. Kerjakan tugas paling sulit di awal

Setiap orang memiliki setidaknya satu tugas diakhirkan, lantara pekerjaannya terlalu sulit.

Namun, sebenarnya Anda harus mencoba menuntaskan tugas tersebut di awal, daripada menunggu sampai menit terakhir untuk menyelesaikannya. Dengan selesainya tugas yang paling rumit, maka tugas-tugas lainnya akan terlihat lebih mudah, dan cepat selesai.

5. Memprioritaskan dan mendelegasikan tugas-tugas

Fokuskan untuk mengerjakan tugas yang paling penting, jadi singkirkan pikiran terkait hal - hal yang bersifat sepel lainnya. Jika terlalu banyak tugas penting yang harus dilakukan dalam waktu bersamaan, maka cobalah untuk mendelegasikan karyawan sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu pada hal-hal yang harus dilakukan oleh Anda langsung.

6. Matikan pemberitahuan email Anda

Daripada membaca setiap email di kotak masuk, sebaiknya Anda mencoba menonaktifkan pemberitahuan email, dan memeriksa pesan hanya pada interval tertentu. Mengapa? Notifikasi email yang muncul di ponsel atau desktop dapat mematahkan fokus Anda. Dibutuhkan setidaknya, 64 detik untuk memulihkan konsentrassinya kembali.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini