nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Renovasi Rumah dengan Dana Minimalis, Belanja Bahan Bangunan Sendiri!

Agregasi Sabtu 30 September 2017 22:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 28 470 1785008 tips-renovasi-rumah-dengan-dana-minimalis-belanja-bahan-bangunan-sendiri-JJdk6wsgaH.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Punya rumah merupakan idaman bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Rumah layaknya sebuah istana peristirahatan yang tepat saat lelah bekerja seharian. Agar betah tinggal di rumah, tentu rumah tersebut harus mampu memberikan kenyamanan, sehingga menghabiskan waktu seharian di rumah bukan menjadi masalah besar.

Agar rumah selalu terlihat baru, Anda perlu mendekorasi rumah secara rutin. Dekorasi bisa dilakukan sekali setahun atau dua kali setahun. Selain dekorasi, lakukan juga perbaikan pada bangunan yang sudah tua. Tujuannya agar terjadi pembaruan dan penyegaran suasana. Jadi, bentuk rumah tak hanya melulu seperti itu. Namun ada perubahan yang membuat Anda semakin betah untuk tinggal.

Baik dekorasi maupun perbaikan rumah pastilah membutuhkan biaya yang lumayan besar. Biaya ini tergantung pada bagian seperti apa yang hendak diperbaiki. Jika kerusakannya parah, semakin besar pula biayanya, dan sebaliknya.

Jika Anda tidak cermat saat melakukan perbaikan atau yang disebut renovasi, pastilah pengeluaran akan membengkak. Terlebih jika modal tidak cukup, meminjam dari bank mungkin akan dilakukan. Agar terhindar dari utang, Anda perlu mengetahui tips renovasi rumah dengan dana minimalis di bawah ini.

1. Membuat Daftar Perbaikan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar apa saja yang perlu diperbaiki. Mengetahui bagian yang rusak merupakan langkah yang tepat untuk mengendalikan biaya. Setelah itu, barulah Anda mulai mencari barang pengganti yang sudah rusak tersebut. Cara ini sangat ampuh untuk mengontrol pengeluaran. Usahakanlah hanya membuat daftar pada bagian rumah yang sudah tak layak lagi. Hindari untuk memperbaiki bagian yang masih bagus atau masih tergolong baru.

2. Membuat Daftar Prioritas

Berapa banyak dana yang disiapkan untuk renovasi rumah? Jika budget terbatas, belilah barang yang menjadi prioritas utama terlebih dulu. Misalnya terdapat kerusakan pada bagian genteng, Anda harus memprioritaskan genteng dengan kerusakan paling parah dan secepatnya diperbaiki. Setelah itu, barulah lanjut pada bagian selanjutnya apabila budget masih cukup.

3. Belanja Bahan Bangunan Sendiri

Untuk menghemat waktu dan tenaga, banyak orang yang mempercayakan orang lain untuk belanja bahan bangunan untuk renovasi rumah. Hal ini sah-sah saja, namun membeli bahan bangunan sendiri itu lebih baik dan hemat. Mengapa? Jika Anda menyewa orang lain, pastilah Anda akan memberikan tip kepada orang tersebut. Tip yang diberikan juga haruslah sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan orang tersebut.

Selain lebih hemat, Anda juga lebih mengetahui barang seperti apa yang dibutuhkan. Jika tidak paham mengenai bahan bangunan, Anda bisa mengajak seorang tukang untuk menemani, mudah, bukan?

4. Beli dan Manfaatkan Barang Bekas? Kenapa Tidak?

Untuk menekan pengeluaran, Anda diperkenankan untuk membeli barang bekas. Banyak toko online yang menyediakan perabotan bekas. Rata-rata kualitasnya juga masih bagus, sehingga Anda tidak perlu ragu. Kualitas barang bekas tak selamanya buruk. Sebagian perabotan bekas malah terbuat dari kayu yang berkualitas dan mahal.

Selain itu, barang lama yang tak terpakai juga bisa digunakan kembali. Nilai estetikanya juga tak kalah menarik jika Anda berhasil memanfaatkan barang tersebut sesuai dengan tempatnya. Kalau sudah begini, terlihat lebih hemat, kan?

5. Belanja Online untuk Dapatkan Harga Terbaik

Langkah selanjutnya ialah berbelanja online. Banyak toko online yang menyediakan bahan dan perabotan rumah tangga. Harga yang ditawarkan juga terkadang lebih murah ketimbang toko offline. Selain itu, toko online juga sering memberikan penawaran dan promo menarik kepada calon pembeli. Sebagai saran, bijaklah saat membeli untuk menghindari kerugian.

6. Lakukan Renovasi Sendiri

Merenovasi rumah sendiri merupakan hal yang menyenangkan. Untuk bagian kecil yang bisa ditangani sendiri, hindari menyewa tukang. Gaji tukang saat ini sangatlah besar, berkisar Rp75.000 per hari. Bayangkan jika kerusakan parah dan memakan waktu yang lama, berapa biaya yang harus Anda keluarkan?

Jangan Takut Merenovasi Rumah

Merenovasi rumah bukanlah hal yang perlu ditakuti lagi. Dengan melakukan enam tips di atas, budget yang dimiliki pasti cukup untuk melakukan renovasi. Niat untuk renovasi rumah?

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini