nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Khawatir Rumah Bocor, Simak! Cara Antisipasinya dengan Dana Darurat

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Sabtu 30 September 2017 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 29 470 1785928 jangan-khawatir-rumah-bocor-simak-cara-antisipasinya-dengan-dana-darurat-QUEARim1k5.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Musim hujan telah tiba memasuki hampir seluruh wilayah Indonesia. Saat hujan turun sekarang ini tidak hanya di satu lokasi tapi merata hampir semua kota.

Saat musim hujan seperti ini akan diketahui atap rumah yang bocor hingga tembok yang terkena rembesan air. Bahkan di saat musim hujan tak jarang banyak yang membutuhkan renovasi rumah dadakan dikarenakan atap yang bocor.

Tapi, renovasi bukanlah perkara mudah, selain cuaca yang menjadi kendala, anggaran yang dibutuhkan juga terkendala karena butuh tiba-tiba.

Lalu bagaimanakah mengantisipasi agar anggaran dadakan ini?

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan sebetulnya dibutuhkan kedisplinan yang kuat untuk menyiapkan dana darurat. Diantaranya dengan menabung minimal 10% dari penghasilan yang didapatkan tiap bulannya dan itu harus konsisten.

"Antisipasinya adalah dengan disiplin mengalokasikan adanya dana darurat secara reguler tiap kali kita mendapatkan income. Sebesar 10% dari income yang diterima. Tujuannya agar apabila ada kejadian-kejadian darurat seperti tersebut, tidak kemudian mengacaukan pos-pos pengeluaran lainnya," ungkapnya kepada Okezone.

Menurutnya, jika kejadian sudah berlangsung dan belum ada dana simpanan untuk pengeluaran darurat ini maka kita harus merelakan dana untuk kebutuhan lain di korbankan. Artinya dana lain yang dibutuhkan tetapi tidak darurat harus di nomor duakan dan kebutuhan untuk perbaiki rumah bocor harus menjadi yang utama karena akan merepotkan jika tidak diperbaiki sesegera mungkin.

"Namun apabila ternyata sudah terlanjur terjadi namun belum mengalokasikan dana darurat, erarti kita harus rela pos pengeluaran lainnya akan disunat. Karena akan dialokasikan untuk memperbaiki rumah yang bocor tersebut. Kebutuhan tersebut menjadi darurat karena sekarang sudah masuk musim hujan dan akan jadi ngerepotin apabila tidak segera diatasi," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini