nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah! SoftBank Suntik Uber hingga USD1,25 Miliar untuk Modal IPO

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 13:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 04 278 1788507 wah-softbank-suntik-uber-hingga-usd1-25-miliar-untuk-modal-ipo-GEdi7eyP5b.jpg Ilustrasi Uber. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Raksasa teknologi Jepang, SoftBank, dikabarkan menyuntikkan dana segar kepada perusahaan start up Uber. Investasi tersebut akan berada di antara USD1 miliar hingga USD1,25 miliar.

Melansir CNBC, kesepakatan tersebut dapat terjadi setelah anggota dewan yang baru Ursula Burns dan John Thain turun tangan untuk membantu menyelesaikan kesepakatan tersebut. Selain itu, Uber juga dikabarkan berencana untuk IPO pada 2019.

Saat ini, direksi di Uber telah meningkat dari 11 direksi menjadi 17 direksi, dan Softbank akan mendapatkan dua posisi di sana. Sementara empat sisanya, akan berasal dari independen dan satu orang akan menjadi ketua independen.

"Hari ini, setelah menyambut direksi baru Ursula Burns dan John Thain, Dewan memutuskan dengan suara bulat untuk terus maju dengan usulan investasi oleh SoftBank dan dengan perubahan tata kelola yang akan memperkuat independensi dan memastikan kesetaraan di antara semua pemegang saham," kata Softbank seperti dilansir dari CNBC.

"Keterlibatan SoftBank adalah suara yang luar biasa dari kepercayaan pada bisnis Uber dan potensi jangka panjang, dan kami berharap dapat menyelesaikan investasi dalam beberapa minggu mendatang," tambah Uber.

Anggota dewan dan mantan CEO Travis Kalanick mengatakan, investasi tersebut tumbuh dengan baik bagi masa depan perusahaan menuju IPO. CEO baru Uber, Dara Khosrowshahi, telah mengindikasikan Uber akan go public pada 2019 hingga 2021.

Investor awal Shervin Pishevar dan Steve Russell, yang memiliki saham dengan hak suara super, mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa mereka merencanakan untuk menggelar gugatan class action terhadap Uber dan dewan pengurus untuk meminta hak suara mereka.

SoftBank akan msuk di Uber saat perusahaan tersebut menyesuaikan diri dengan CEO baru mereka di tengah serangkaian skandal, termasuk investigasi kerja dan larangan peraturan di London.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini