nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Menpan RB: Kita Masih Manual, E-Government Sudah Dilakukan di Daerah

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 11:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 04 320 1788389 cerita-menpan-rb-kita-masih-manual-e-government-sudah-dilakukan-di-daerah-KN75gz7ZuO.jpg Menpan RB Asman Abnur (Foto: Feby Novalius/Okezone)

JAKARTA - Untuk mewujudkan birokrasi pemerintah yang lincah, efektif dan efisien diperlukan penerapan e-government secara masih, terstruktur dan sistematis. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meluncurkan e-government hari ini.

Ada cerita sebelum e-government ini diterbitkan. Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan, saat melakukan kunjungan kerja ke daerah, penerapan e-government ternyata sudah dilakukan. Hal ini yang mendorongnya supaya e-government juga diterapkan oleh PANRB.

 Baca juga: Terapkan E-Government, Menpan-RB: Kami Sudah Move On

"Kita masih manual, saya keliling daerah e-government sudah dilakukan," ujarnya di Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (4/10/2017).

Untuk merealisasikan ini, Asman pun mengundang perbankan untuk menanyai seperti apa sistem e-government diterapkan. Ketika itu hadir pihak PT Bank Rakyat Indonensia Tbk (BBRI).

Baca juga: Masuki Tahap Krusial, Seleksi CPNS Mahkamah Agung Libatkan Akademisi

"Dengan berani liat anggaran Kemenpan RB ala kadar, dengan pakai naluri dagang saya, saya undang bank pura-pura tanya sistem e-govenment. Dari sekian bank, yang nyangkut BRI itungannya cocok sesuai anggaran. Maka dari itu, kita memulai penerapan e-government hari ini,"tuturnya.

Menurut dia, penerapan e-government benar-benar membuat sistem birokrasi semakin lincah, efisien dan efektif. Dengan inovasi yang ada di e-government yakni e-Office maka mulai sekarang tidak perlu lagi antri misal melaporkan formasi PNS di kementerian.

Baca juga: Dengan E-Government, Penambahan Formasi PNS Tak Bisa Main-Main Lagi!

"Jadi yang dari daerah yang mau hanya antarkan formasi, begitu kantor antre di lobby, hanya sekedar antara formasi kemudian dicap tidak perlu lagi. Sudah bisa dilaporkan melalui online," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini