Share

Duh, BPJS Kesehatan Diperkirakan Defisit Rp11 Triliun hingga Akhir Tahun

Giri Hartomo, Okezone · Rabu 04 Oktober 2017 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 04 320 1788860 duh-bpjs-kesehatan-diperkirakan-defisit-rp11-triliun-hingga-akhir-tahun-FbtIrOQILf.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada tahun ini masih belum bisa bangkit dari defisit. Tercatat hingga bukan Agustus 2017 saja , BPJS Kesehatan mengalami defisit Rp 8,52 triliun.

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar mengatakan angka defisit tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga akhir tahun. Dirinya memperkirakan hingga akhir tahun 2017 ini, BPJS akan merugi sebesar Rp 11 triliun.

"Saya prediksi sampai 31 Desember 2017 itu kira-kira nambah defisitnya sebesar Rp 3,4 triliun. Artinya defisit hingga akhir tahun bisa mencapai Rp 11 triliun," ujarnya saat ditemui di Hotel Ibis, Jakarta, Rabu (4/10/2017).

Baca juga: Banyak Kasus Pelanggaran, BPJS Kesehatan Minta Masyarakat Aktif Laporkan Rumah Sakit Nakal

Menurut Timboel, defisit tersebut terjadi karena keuangan dari perusahaan yang tidak seimbang. Pasalnya jumlah klaim yang harus dibayarkan kepada nasabah lebih besar jika dibandingkan pemasukan yang diterima.

Hal itu dikarenakan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Khususnya masyarakat yang berada di daerah.

"Jamkesda rakyat miskin yang dikelola oleh negara pemda-pemda sekitar Rp 2,2 triliun atau mengkontribusikan 6,2%. Memang tidak signifikan," jelasnya.

Baca juga: Defisit Rp 9 Triliun, BPJS Kesehatan Nantikan Kenaikan Cukai Rokok

Oleh sebab itu, Tombol menyarankan direksi BPJS untuk meningkatkan kinerja mereka dalam merekrut peserta agar ada tambahan pemasukan dari iuran peserta. Karena masih ada sekira 40 juta masyarakat yang seharusnya menjadi peserta BPJS Kesehatan namun belum mendaftarkan diri.

"Ini yang harus kita dorong tadi karena direksi masih belum optimal untuk melakukan tugasnya meningkatkan kepesertaan ini," jelas Irfan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini