Simak! Sri Mulyani dan Menkeu Seluruh Dunia Masih Cari Cara Pajaki Google

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 17:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 06 20 1790277 simak-sri-mulyani-dan-menkeu-seluruh-dunia-masih-cari-cara-pajaki-google-jGZHuFstfT.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tidak hanya Indonesia saja yang dipusingkan mengenai masalah Google. Pasalnya negara yang tergabung dalam G20 juga masih bermasalah dengan perusahaan teknologi raksasa asal AS tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Sri Mulyani di hadapan ratusan pengusaha industri muda yang hadir di acara IdeaFest di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Google hingga Facebook Beroperasi di Indonesia, Begini Caranya jika Tidak Mau Buka Kantor!

Menurutnya, pajak itu harus dibayar oleh perusahaan yang ada di Indonesia yang omzenyanya di atas PTKP. Hal ini juga tak terkecuali perusahaan asing yang membuka dan mendirikan cabangnya di Indonesia seperti Google dan Facebook.

"Kita di antara Menteri Keuangan G20 sering membahas mengenai pajak perusahaan besar. Sekarang Facebook hadapi masalah pajak di Eropa sedangkan Google di mana-mana," ungkapnya di JCC, Jumat (6/10/2017).

Baca Juga: Berhasil Pungut Pajak Google, Bagaimana Nasib Facebook dan Twitter?

Lanjut Sri Mulyani, pembahasan lainnya yang dilakukan bersama dengan Menkeu G20 adalah bagaimana cara mengenakan perpajakan di negara masing-masing sehingga nantinya negara-negara ini bisa mensejajarkan perpajakannya.

"Kalau non virtual bayar pajaknya jelas, kalau virtual pemerintah kayanya enggak tahu, makanya mungkin dibutuhkan goverment yang virtual juga, sehingga kita menciptakan bagaimana perpajakan level of playing field," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini