Persiapan Matang, Cara Persingkat Rutinitas dengan Hasil Optimal!

Agregasi Minggu 08 Oktober 2017 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 06 320 1790173 persiapan-matang-cara-persingkat-rutinitas-dengan-hasil-optimal-67uw0FF69Y.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Waktu 24 jam dalam sehari sering dirasa kurang cukup, apalagi bagi Anda yang memiliki banyak rutinitas. Hal ini menyebabkan banyak sekali pekerjaan yang menumpuk yang belum diselesaikan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk dapat membuat rutinitas harian memberi hasil yang optimal sehingga produktivitas menjadi meningkat. Nah, berikut ini ada beberapa cara persingkat rutinitas, tapi tetap memberi hasil yang optimal.

1. Biasakan Punya Waktu Tidur yang Cukup

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk tidur yang cukup sehingga hari esok Anda tidak merasa kelelahan. Terkadang banyak orang yang membiarkan waktu di malam hari terbuang percuma dengan begadang yang untuk hal yang tidak jelas.

Bukannya untuk menyelesaikan hal-hal yang penting, melainkan malah digunakan untuk sesuatu yang kurang bermanfaat. Misalnya, menonton film, melihat media sosial, dan lainnya. Akibatnya, waktu istirahat menjadi berkurang serta membuat bangun pagi Anda menjadi tergesa-gesa. Untuk itu, akan lebih baik kalau Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Pastikan jam istirahat cukup agar badan terasa segar pada pagi hari nanti.

2. Persiapkan Segala yang Diperlukan untuk Esok Hari Sejak Malam

Saat pagi hari, banyak orang yang heboh untuk mencari barang-barang yang akan dibawanya nanti. Untuk meminimalkan perilaku seperti ini, ada baiknya kalau Anda sudah menyiapkan barang bawaan yang akan dibawa keeseokan hari pada malam sebelum beraktivitas. Mulai dari dokumen, laptop, charger, hingga perlengkapan lainnya. Hal ini juga berlaku untuk memilih pakaian yang akan digunakan pada pagi hari. Jangan sampai Anda terlambat hanya dikarenakan terlalu sibuk mencari barang dan pakaian.

3. Hindari Boros Waktu Membersihkan Diri Sebelum Tidur

Setelah seharian beraktivitas, tentunya hal yang ingin Anda lakukan saat sampai di rumah adalah langsung beristirahat. Tentunya Anda tidak bisa langsung beristirahat dengan kondisi wajah, gigi, tangan, dan kaki yang kotor. Penting sekali membersihkan diri sebelum tidur.

Terkadang waktu membersihkan diri seperti ini dilakukan dengan menghabiskan waktu cukup banyak. Dan tentu saja membuat Anda tidak bisa langsung beristirahat. Untuk itu, akan lebih baik untuk memilih pembersih wajah yang efektif sehingga membuat Anda tak perlu membutuhkan waktu yang lama. Apalagi bagi Anda kaum wanita yang sering menggunakan make up. Cobalah untuk memilih produk pembersih wajah yang bisa menghapus make up dan kotoran secara sempurna dan cepat.

4. Menghabiskan Banyak Waktu Hanya untuk Makan Siang

Kegiatan lainnya yang cukup banyak menyita waktu adalah makan siang, apalagi ditambah selingan kegiatan yang dilakukan saat makan siang. Sebab bisa-bisa membuat jam makan siang Anda menjadi bertambah. Misalnya, Anda bermain games, media sosial, mengobrol, atapun melakukan aktivitas lainnya yang dilakukan saat jam makan siang. Bisa-bisa jam makan siang Anda melebih 30 menit. Untuk itu, alangkah baiknya untuk mengurangi waktu untuk aktivitas semacam ini.

5. Hindari Distraksi Yang Membuat Anda Overtime Di Kantor

Pernahkah Anda mengerjakan suatu pekerjaan, tapi kadang-kadang berhenti? Jika kondisinya seperti itu, cara kerja Anda bisa dikatakan bermasalah. Cobalah perhatikan baik-baik, apakah pekerjaan Anda selama ini mudah terpotong oleh hal-hal lain atau tidak. Misalnya, mulai dari ajakan teman mengobrol, menonton video-video Youtube, melihat-lihat media sosial, memakan camilan, dan lainnya.

Jika ya, Anda sebaiknya perlu mengendalikan diri saat jam bekerja sedang berlangsung. Fokuslah pada pekerjaan yang Anda kerjakan saat jam bekerja dan hindari hal-hal yang dapat memperlambat diri ketika jam kerja. Hal ini agar waktu yang Anda miliki memberi hasil yang optimal dan Anda bisa pulang lebih tepat waktu.

Fokus pada Hal-Hal yang Anda Kerjakan

Agar pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat terselesaikan, penting bagi Anda untuk fokus pada pekerjaan yang dilakukan saat jam kerja. Bila memang membutuhkan waktu untuk merelaksasikan diri, Anda harus menjadwalkan waktu tersendiri sehingga nantinya tidak akan mengganggu pekerjaan Anda lainnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini