Share

TIPS LARIS: 5 Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Penjualan, dari Politik hingga Teknologi

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 08 Oktober 2017 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 07 320 1790874 tips-laris-5-faktor-eksternal-yang-mempengaruhi-penjualan-dari-politik-hingga-teknologi-s33QqX8Ix2.jpg (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Dalam melaksanakan bisnis, ada beberapa hal yang diperhatikan agar bisa sukses. Anda perlu memperhatikan bagaimana keadaan internal dari bisnis yang dijalankan.

Disisi lain, Anda juga perlu memperhatikan faktor-faktor eksternal dari perusahaan anda. Anda harus perhatikan betul apakah faktor itu akan menghalangi, atau justru membantu perusahaan anda menjadi lebih sukses.

Dikutip dari evancarmichael, berikut 5 faktor eksternal yang harus anda perhatikan untuk memulai bisnis :

1. Ekonomi

Faktor ekonomi dari negara atau tempat kita melakukan bisnis menjadi faktor yang sangat penting. Sementara untuk bisnis atau usaha sekelas internasional anda harus memperhatikan kondisi dan keadaan dari ekonomi global.

Kita tahu bahwa konsumsi dipengaruhi oleh kekayaan penduduk, dan pelaku bisnis harus merencanakannya dengan tepat. Beberapa pertimbangan utama meliputi tersedianya kredit dan jumlah pendapatan disposable di pasar tertentu. Baik inflasi dan tingkat suku bunga dan GDP negara tertentu adalah faktor ekonomi lain yang dapat menghambat atau membantu usaha pemasaran Anda.

2. Keyakinan dan Sikap Sosial

Manusia ditakdirkan untuk merespons rangsangan yang berbeda dengan cara yang unik. Entah itu melalui budaya umum, unit keluarga, pendidikan, atau agama, kita dilatih untuk bereaksi positif terhadap hal-hal tertentu dan negatif terhadap orang lain.

Masyarakat memberlakukan kepercayaan, sikap, dan gaya hidup yang diadopsi oleh lingkungan sekitarnya. Sikap ini sering berubah karena orang berusaha untuk mengakomodasi tuntutan yang ditempatkan pada mereka oleh dunia di sekitar mereka.

Seperti yang mereka lakukan, permintaan akan gaya pakaian, perangkat teknologi, aktivitas rekreasi, dan produk / layanan lainnya meningkat sementara permintaan akan alternatif lain memudar.

3. Politik

Faktor politik mencakup masalah hukum dan peraturan yang mengendalikan industri dan bisnis perorangan. Ada beberapa masalah yang perlu dipertimbangkan di sini termasuk keputusan fair trade, undang-undang antimonopoli, pajak, upah, dan kegiatan pemerintah lainnya yang dirancang untuk melindungi kelas yang berbeda dalam masyarakat

4. Teknologi

Teknologi terus membaik pada tingkat eksponensial. Perusahaan terbaik tetap berada di atas perubahan teknologi dan menggunakannya untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dalam periode waktu yang lebih singkat. Pemasar harus menyadari perubahan yang mungkin mempengaruhi bisnis dan industri mereka. Perangkat, strategi, dan teknik baru dapat membantu bisnis tetap berada di depan persaingan dan menghindari keusangan.

5. Ekologi

Konsep ini mengacu pada bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan fisik. Lebih dari sebelumnya, dunia pada umumnya berkaitan dengan polusi dan hilangnya habitat dan keanekaragaman hayati. Ini memiliki konsekuensi bagi perusahaan di hampir semua industri dan bahkan telah menelurkan produk dan bisnis "hijau".

Bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi bisnis Anda? Jika satu atau lebih dari mereka menghambat kesuksesan penjualan dan pemasaran Anda, sekaranglah waktunya untuk menjadi kreatif. Pikirkan ide yang akan meningkatkan pertumbuhan dan pindahkan perusahaan Anda ke depan

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini