nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kualitas Kopi Papua Bakal Ditingkatkan demi Naikkan Nilai Jual, Begini Caranya!

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 20:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 10 320 1792844 kualitas-kopi-papua-bakal-ditingkatkan-demi-naikkan-nilai-jual-begini-caranya-ip5nB2uPAN.jpg Ilustrasi: shutterstock

JAKARTA - Selain emas, tanah Papua juga memiliki sumber komoditas yang memiliki nilai jual mahal. Salah satunya adalah komoditas kopi.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) ditugaskan untuk menurunkan harga sembako di wilayah tersebut. PPI juga melihat adanya potensi sumber komoditas yang bisa dikembangkan, seperti kopi, tanpa pupuk apapun pohon kopi sudah bisa tumbuh dengan baik.

Namun kopi Papua belum maksimal dikembangkan. Direktur Utama PPI Agus Andiyani menceritakan, kondisi saat ini pengamanan produktivitas kopi rendah. Maksudnya, produktivitas tidak bisa memanen sehingga banyak kopi yang jatuh ke tanah.

Baca juga: Awalnya Rp2 Juta, Harga Semen di 8 Kabupaten Papua Kini Rp370.000/Sak

"Proses pengolahan juga belum semua baik sehingga kualitas biji kurang baik. Transportasi juga masih sangat mahal, jalannya juga sulit. Kemudian nilai jualnya (rendah)," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Untuk memaksimalkan, PPI mencoba untuk meningkatkan produktivitas panen kopi di Papua. Dengan menjalin kerjasama bersama pihak perbankan yang menjadi sumber biaya tanamannya, PPI menjadi off taker hasil kopi Papua.

Baca juga: Harga Sembako di Papua Masih Mahal, PT PPI Targetkan Turun 25%

Kemudian, PPI juga melakukan edukasi cara mengupas kualitas kopi gabah yang benar. Hal ini supaya gabah kopi setelah dikupas menjadi green bean.

"Saya jamin kualitas kopi baik, volume besar dan pengolahan pasca panen harapan kualitas baik. Dengan jual baik, tentu yang akan membeli dengan harga yang baik juga,"ujarnya.

Melalui kopi, PPI akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua. Di mana komoditas ini akan menjadi produk spesial Papua.

Baca juga: Strategi Turunkan Harga Sembako di Papua, PPI Utak-atik Rute Pengiriman Barang

"Kopi sekarang sudah jadi pohon. Beberapa kurang pas sehingga kualitas ditingkatkan,"ujarnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini