nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Pameran TEI ke-32, Jokowi Apresiasi Nilai Ekspor Indonesia Naik 17,8%

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 11:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 11 320 1793134 buka-pameran-tei-ke-32-jokowi-apresiasi-nilai-ekspor-indonesia-naik-17-8-GyTC7YvzSv.jpg Foto: Fakhri/Okezone

TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi  peningkatan nilai ekspor Indonesia yang telah mencapai 108,7 USD pada 2017. Peningkatan ini telah mencapai 17,8% terhitung dari Januari silam.

"Begitu juga pada sektor nonmigas yang naik 17,3% dari Januari. Ini naiknya lumayan," kata Jokowi ‎saat meresmikan Pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-32 Tahun di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang‎, Rabu (11/10/2017).

Baca Juga: Top! Sarang Walet Kualitas Terbaik Asal Indonesia Siap Ekspor ke China

Jokowi menilai, peningkatan nilai ekspor membawa Indonesia naik dari peringkat 36 dari posisi 41 dari tahun sebelumnya. Adapun peningkatan tersebut terjadi lantaran pembangunan infrastruktur.

"‎Ini dihitung dari137 negara dan negara kita nomor 36. Dan menurut World Ekonomi Forum kondisi seperti ini sama seperti Korea saat memulai pembangunan negaranya," ujarnya.

Kepala Negara mengajak, seluruh warga untuk optimis melihat peningkatan nilai ekspor Indonesia. Momentum ini, kata Jokowi, harus tetap dipertahankan guna menumbuhkan perekonomian yang ada di Tanah Air.

Baca Juga: Ekspor Peternakan RI Naik 22%, Mentan: Termasuk Babi ke Singapura

"Ada dua kunci untuk meningkatkan ini semua pertama nilai ekspor dan kedua investasi. Ini harus benar-benar dipertahankan," katanya.

Seperti diketahui, ‎TEI adalah pameran yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan yang berbasis Business-to-business (B2B) bertujuan untuk mengembangkan bisnis perusahaan dan mendorong perluasan pasar ekspor.

TEI ini menampilkan berbagai produk siap untuk ekspor seperti Furniture & Furnishing, Fashion, Craft, & Creative Product, Premium Product (Indonesia Global Brand), Strategic Industries, Manufacturing Products & Services, Food & Beverage Products, dan Product Provinsi.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini