Image

Minta Tambahan Anggaran Rp475 Miliar, Menteri Basuki: Untuk Belannja Prioritas!

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 13:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1793989 minta-tambahan-anggaran-rp475-miliar-menteri-basuki-untuk-belannja-prioritas-fuzWcFc0zf.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Kementerian PUPR mengungkapkan latar belakang adanya usulan tambahan anggaran untuk pagu 2018 sebesar Rp475 triliun.

"Rp475 miliar ini, dalam surat Menteri Keuangan untuk belanja prioritas, ini yang kami mengerti adalah berdasarkan Inpres (instruksi presiden)," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di ruang rapat Komisi V, Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Adapun alasan Menteri PUPR mengusulkan tambahan anggaran 2018, terkait dengan proyek-proyek infrastruktur yang tengah digalakkan oleh pemerintah guna menciptakan pemerataan pembangunan.

Baca Juga: Dapat Anggaran Terbesar, Menteri PUPR Minta Pegawainya Kerja Rock and Roll

"Kami usulkan pertambahan Rp475 miliar ini pertama untuk program penyelenggaraan jalan dari Ditjen Bina Marga dalam rangka dukungan program tol laut dan kawasan strategis pembangunan nasional, perbatasan, konektivitas dan sebagainya berdasarkan pada Inpres yang ada," jelasnya.

Secara lebih terperinci, Basuki menjelaskan, usulan tambahan anggaran, salah satunya dimaskudkan untuk dukungan Pelabuhan Muara Sabak di Jambi. "Tahun ini kami alokasikan Rp130 miliar-Rp150 miliar. Ini masih butuh banyak, sebetulnya butuhnya Rp250 miliar lagi tambahan," paparnya.

Baca Juga: Banyak yang Pensiun, Kementerian PUPR Buka Lowongan?

"Kemudian dukungan akses pariwisata di Sumatera Barat tambahan Rp60 miliar dari program-program yang dilakukan sejak 2017 dan pembangunan jalan Manado-Ring Road, Sulawesi Utara Rp25 miliar," jelasnya lebih lanjut.

Selanjutnya, Basuki menjelaskan bahwa tambahan anggaran juga diperuntukkan bagi penambahan rekonstruksi ruas jalan Mempawah-Sekincau, Kalimantan Barat sebesar Rp11,8 M dan pembangunan Underpass Kaliurang yang menjadi sangat crowded karena makan korban tiap harinya, serta lain sebagainya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini