Image

Menko Luhut di Washington: Ongkos Transportasi Tinggi Lahirkan Inefisiensi

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 14:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1794033 menko-luhut-di-washington-ongkos-transportasi-tinggi-lahirkan-inefisiensi-CrWp05Fz6Y.jpg Sumber Foto: KBRI Washington DC/VoA

WASHINGTON DC – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan, jika kondisi perekonomian ini sekarang dalam kondisi yang baik. Terbukti dari inflasi serta maraknya pembangunan infrastruktur.

“Menurut survei terakhir, dan jika saya bisa koreksi, inflasi kita di bawah 4%. Saya kira terendah sejak 20 tahun terakhir. Angka pertumbuhan kita masih 5%, atau 5,2%, tapi overall dengan keadaan ekonomi sekarang kita masih baik. Pembangunan infrastruktur juga baik,” kata Luhut di Washington.

Dia melanjutkan, survei menunjukkan rakyat menikmati sekali pembangunan jalan, listrik. Sekarang, kata Luhut, semua daerah memiliki listrik. Tapi, Luhut mengakui masih ada PR yang belum selesai.

Baca juga: IMF: Pemulihan Ekonomi Global Jadi Tantangan Pemangku Kebijakan untuk Bertindak

“Saya kira untuk tiga tahun, pencapaian saat ini sudah cukup melegakan. Tapi saya melihat setelah lima tahun, mudah-mudahan Presiden Jokowi terpilih second term, program-program infrastruktur sudah mulai membuahkan hasil,” kata dia.

Salah satu yang disasar dengan meraknya pembangunan infrastruktur adalah mengurangi inefisiensi yang terjadi.

Transportation cost jadi turun dan menurunkan juga tingkat inefesiensi. Salah satu masalah utama di Indonesia adalah inefesiensi. Yang kedua, akibat inefesiensi itu maka transportation cost juga tinggi,” jelas dia.

Baca juga: Ekonomi Global Diprediksi Tumbuh 3,6% di 2017, IMF: Pemulihan Melaju dengan Cepat!

Menurut Luhut, jika ini bisa diperbaiki bersamaan dengan perbaikan produksi pangan, termasuk beras, garam, gula ikan, daging, maka akan menurunkan inflasi hingga 3%, karena ini yang menyebabkan inflasi tinggi.

“Saya kira dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang transparan, turun ke bawah, memberikan contoh langsung dan keteladanan, baik ia sendiri maupun keluarganya, saya kira akan membuat Indonesia lebih baik lagi," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini