Image

Mau Jadi Freelancer? Pikirkan Dulu Soal Pendapatan yang Tak Terjamin

Agregasi Kamis 12 Oktober 2017, 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1794115 mau-jadi-freelancer-pikirkan-dulu-soal-pendapatan-yang-tak-terjamin-gkYD4tAXJI.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Bagi sebagian orang, bekerja dengan waktu yang bebas dan tidak bekerja untuk orang lain adalah hal yang dipilih untuk mencari uang. Bekerja lepas atau freelance memang terlihat menyenangkan karena kita dapat mengatur waktu diri kita sendiri. Di saat teman kita bekerja dengan waktu yang sudah ditentukan oleh jam kantor, ditambah waktu lembur yang harus dijalani karena banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan, pekerja freelance dengan waktu yang fleksibel akan dengan mudah mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya sendiri. Mungkin pekerjaan freelance terkesan mengasyikan dan menarik.

Tapi apa kita tahu bahwa ada banyak hal yang harus dipertimbangkan bagi pekerja freelance. Ada hal-hal buruk yang akan dihadapi oleh para freelancer yang tidak kita ketahui dan harus kita pertimbangkan sebelumnya.

1. Jam Kerja Fleksibel

Dengan bekerja lepas tentunya kita tidak akan mempunyai jam kerja yang pasti, berbeda dengan jam kerja orang kantoran yang mempunyai jam kerja pasti dan waktu libur yang pasti juga. Untuk pekerja lepas, kita akan mengatur jam kita sendiri dan membuat waktu tanpa batas. Bekerja di rumah bukanlah sesuatu yang mudah, kita harus dapat mengatur waktu dengan deadline yang kita tentukan.

Heather Huhman pakar karier dari Come Recommend mengatakan bahwa bekerja di rumah akan semakin sulit untuk meninggalkan pekerjaannya. Mereka tidak bisa mematikan komputer atau tidak mengangkat telepon karena jumlah pekerjaan yang diterima dan deadline yang berbeda-beda. Pekerja lepas tanpa sadar mengambil semua waktunya dan tanpa istirahat telah bekerja.

2. Memikul Tanggung Jawab Sendiri

Pekerja lepas akan bertanggung jawab sendiri, sebagai seorang freelance kita akan membuat segalanya dapat terselesaikan dengan tangan kita sendiri. Apabila pekerja kantor mempunyai tim yang dengan senang hati akan membantu apabila menemui suatu masalah.

Bagi pekerja lepas atau freelance bekerja secara mandiri dan menghadapi segala sesuatunya sendiri merupakan hal yang harus dihadapai. Dengan kata lain, freelancer harus mampu menguasai segala fungsi dalam sebuah struktur organisasi, struktur dari atas sampai dengan bawah, dari CEO, manajer sampai dengan bagian finansial. Betapa tidak karena secara tidak langsung pekerja lepas akan mengelola semuanya sendiri.

3. Pendapatan Tak Terjamin

Hal yang mungkin harus kita persiapkan apabila kita akan mengambil pilihan untuk bekerja mandiri atau pekerja lepas adalah jaminan penghasilan yang tidak menentu. Ini tentu saja bukan masalah mudah. Dengan penghasilan tidak menentu akan mengganggu perencanaan keuangan kita. Bisa jadi kita akan mengalami naik turun keuangan setiap bulannya apabila kita tidak pandai dalam mengatur keuangan. Apabila pembayaran dari klien kita tertunda, tentu saja pendapatan kita tertunda. Freelancer juga akan menemui kesulitan jika berurusan dengan pihak perbankan. Pihak perbankan pasti akan mempertimbangan hal-hal yang berkaitan dengan finansial. Apabila kita tidak mempunyai keterangan penghasilan yang pasti, pihak perbankan akan sulit mengucurkan jenis kredit apapun kepada kita.

4. Cenderung Bekerja Sendirian

Sebelum menentukan bekerja secara mandiri atau freelance, perhatikan hal yang satu ini. Kita akan menjadi individu yang selalu sendiri. Apabila kita pekerja kantoran yang sebelumnya selalu berhubungan dengan banyak orang. Bekerja freelance mungkin akan membuat kita sedikit meninggalkan kehidupan sosial dan banyak melakukan segala sesuatu secara mandiri di rumah. Hal inilah yang sebelumnya tidak banyak menjadi pertimbangan bagi orang yang akan memutuskan untuk bekerja secara mandiri.

Banyak hal yang berhubungan dengan sosialita akan sedikit terkurangi oleh kegiatan pekerjaan freelance. Pelatih karier Hallie Crawford mengatakan bahwa seorang pekerja lepas yang pekerjaannya berhubungan dengan komputer akan banyak menghabiskan waktu di rumah dibandingkan dengan menghabiskan waktu di luar bersama rekan kerjanya.

Freelance Berarti Mengatur Segalanya Secara Mandiri

Bekerja lepas atau mandiri bukan berarti kita harus bebas tanpa target pekerjaan. Akan tetapi, kita akan lebih dituntut untuk bekerja secara mandiri dan disiplin menyepakati waktu yang akan kita buat sendiri agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini