Image

Visi dan Misi Sultan, Ingin Lanjutkan Laut sebagai Wajah Yogyakarta

Kuntadi, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 19:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1794293 visi-dan-misi-sultan-ingin-lanjutkan-laut-sebagai-wajah-yogyakarta-u6sqo5xs4y.jpg Foto: Okezone

KULONPROGO –Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X berencana melanjutkan program pemerintahan yang telah dituangkan dalam visi dan misi pemerintah. Salah satunya yakni menjadikan laut selatan sebagai muka Yogyakarta.

“Seperti visi dan misi laut selatan menjadi muka,” terang Sultan ketika dikonfirmasi terkait program kerja setelah dilantik menjadi Gubernur DIY oleh presiden pada peresmian Pusat Pengelolaan Teh Menoreh (PPTM), di Samigaluih, Kulonprogo, kamis (12/10/2017).

Program kerja ini nanti akan dipublikasikan di hadapan wakil rakyat yang duduk di DPRD DIY pada sidang paripurna yang akan dilaksanakan Senin (16/10/2017) mendatang. Dalam kesempatan itu akan dipaparkan apa saja yang akan dilaksanakan. Salah satunya pembangunan infrastruktur fisik.

Baca juga: Simak! Sultan Yogyakarta Ingin Pembangunan Infrastruktur Dipercepat

Suami dari GKR Hemas ini sendiri, tidak akan membuat program seratus hari kerja. Baginya program seratus hari kerja, hanyalah bagian dari ide-ide. Program seperti itu tidak memiliki dasar hukum perundangan.

“Tidak ada, itu hanya ide-ide bukan perundangan,” jelasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo Sudarna mengatakan, optimalisasi potensi laut masih terkendala pada pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarta. Pelabuhan yang di gadang-gadang terbesar di Yogyakarta ini diharapkan masuk dalam program lima tahun DIY untuk merampungkan pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto.

Anggaran untuk menyelesaikan alur masuk pelabuhan perlu anggaran Rp450 miliar. Pemerintah pusat, telah menyanggupi menyelesaikan pembangunan tetapi pelaksanaannya multi years direncanakan selama tiga tahun mulai 2018. Setiap tahun dianggarkan Rp150 miliar.

“Panjang break water sebelah timur masih harus ditambah 170 meter menjadi sekitar 350 meter. Sedangkan yang barat tambah 150 meter menjadi 300 meter,” ujarnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini