Image

Lelang Jabatan Dirjen Laut, Sekjen Kemenhub: Punya 17 Ribu Anak Buah Bukan Perkara Mudah

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 19:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1794331 lelang-jabatan-dirjen-laut-sekjen-kemenhub-punya-17-ribu-anak-buah-bukan-perkara-mudah-awLoDQr5bo.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Agustus lalu Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan diciduk oleh KPK atas dugaan korupsi senilai Rp20,74 miliar. Untuk mendapatkan penggantinya, pemerintah melakukan lelang jabatan.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub Sugihardjo mengatakan, untuk mendapatkan figur yang layak mengisi posisi jabatan sebagai dirjen perhubungan udara bukan perkara mudah meningkat besarnya tanggung jawab di sektor perhubungan laut.

"Kenapa persyaratan untuk dirjen laut diberikan kesempatan yang luas bagi pegawai Kemenhub atau PNS di luar Kemenhub termasuk di luar PNS, itu karena kita ingin cari figur terbaik yang bisa pimpin direktorat jenderal (ditjen) ini. Karena hampir separuh dari SDM pegawai itu ya di laut (ditjen perhubungan laut)," terangnya.

Dia merincikan, dari sekira 30 ribu SDM yang ada, maka 13 ribu-17 ribu merupakan SDM yang berkecimpung di ditjen perhubungan laut. Sementara Unit Pelaksana Teknis (UPT) paling banyak, ada 329 UPT. "Jadi tingkat urgensi kompleksitas sedemikian luar biasa jadi diperlukan figur yang punya strong leader, integritas, dan leadership untuk membawa perubahan," paparnya.

Jika yang diangkat sebagai dirjen nantinya bukan dari kalangan PNS maka membutuhkan persetujuan dari presiden. Lain halnya dengan PNS yang diangkat maka yanh diperlukan hanya surat keputusan (SK) presiden terkait pengangkatannya.

"Kalau swasta harus ada presetujuan presiden terhadap non PNS untuk jadi Dirjen Laut. Makanya ini kita ajukan. Nanti siapapun yang terpilih, kan kita belum tahu. Bagi yang non PNS pasti ada dua SK, persetujuan presiden dan pengangkatannya," jelas dia.

Menurutnya, pada saat pendaftaran calon dirjen perhubungan laut ada sekira 25 calon dan pada tahap seleksi yang lolos administrasi ada sekira 15 orang. "Yang lulus kita kirim ke lembaga assessment center dalam hal ini LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) sebagai lembaga independen dan tidak ada intervensi sama sekali dari kita," katanya.

"Ini kan ada aspirasi yang saya kira bentuk perhatian, kalau dirjennya ada konflik of interest atau ada resitensi di mana-mana tentu enggak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik tentu akan habis energinya untuk itu. Itu saya pikir masukannya wajar tapi sekali lagi dalam proses assessment kita enggak bisa intervensi," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini