Image

IHSG Terjaga di Tengah Capital Outflow, Bukti Investor Domestik Makin Pede

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 18:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 278 1794980 ihsg-terjaga-di-tengah-capital-outflow-bukti-investor-domestik-makin-pede-SVgd9umtIO.jpg Foto: (Ulfa/Okezone)

JAKARTA - Investor asing masih terus mencatatkan jual bersih atau net foreign sell hingga perdagangan hari ini. Kendati demikian, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih bertahan dalam kondisi stabil. 

Head of Intermediary Business Schroders Teddy Oetomo menilai, kondisi ini tidak terlepas dari investor domestik yang jumlahnya terus tumbuh. Selain itu, gambaran tersebut juga menunjukkan peningkatan kepercayaan investor terhadap ekonomi Indonesia. 

Baca juga: Mantap! Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham Kian Tumbuh

Dengan tingginya kepercayaan investor domestik pada masa depan perekonomian, maka mereka tidak ragu untuk melakukan investasi jangka pendek maupun panjang di pasr modal.

“Net sell asing tapi IHSG enggak turun itu menggambarkan investor lokal lebih confidence dengan prediksi 2018," ujarnya di Kantor Schroders Indonesia, Jakarta, Jumat (13/10/2017). 

Baca juga: Sudah Punya Penghasilan, Mahasiswa Bisa Investasikan Uangnya di Pasar Saham

Selain faktor kepercayaan diri invostor domestik, lanjut Teddy, investor asing memiliki pertimbangan eksternal yang cukup kompleks, terutama terkait dengan kondisi ekonomi global. 

Baca juga: Pasar Saham Indonesia Ketinggalan 15 Tahun Dibandingkan Jepang dan AS, Apa Sebabnya?

"Asing lebih melihat juga kepentingan global. Mereka mikir dollar Amerika Serikat naik atau turun atau pajak yang tiba-tiba rendah, tapi, selama asing keluar  masih bisa diimbangin dengan domestik," kata dia. 

Sebagai catatan, pada perdagangan hari ini, asing terpantau net sell sebesar Rp194,81 miliar. Sementara itu, IHSG ditutup koreksi tipis 2,08 poin atau 0,03% ke level Rp5.924.

(tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini