Image

Bangun 2 Jalan Tol, Jasa Marga Dapat Suntikan Dana Rp7,765 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1794696 bangun-2-jalan-tol-jasa-marga-dapat-suntikan-dana-rp7-765-triliun-TUiMEphUtK.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui kelompok usahanya, PT Jasamarga Pandaan Malang dan PT Jasamarga Manado Bitung memperoleh pembiayaan kredit sindikasi sebesar Rp7,765 triliun. Pembiayaan kredit sindikasi tersebut nantinya untuk membiayai dua pembangunan jalan tol yakni Pandaan-Malang dan Manado-Bitung. 

Adapun kredit sindikasi tersebut diberikan melalui dua paket. Yakni Rp4,179 triliun untuk tol Pandaan Malang. Dan sejumlah Rp 3,586 untuk pembiayaan Manado Bitung.  

Kredit sindikasi untuk Proyek Jalan Tol Pandaan-Malang diberikan oleh Bank Mandiri, BNI dan BCA sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB) dengan kreditur dari Bank ICBC Indonesia, Bank Indonesia Eximbank dan Bank Jateng, Agen Fasilitas BCA, Agen Jaminan Bank Mandiri dan Agen Penampungan BNI.

Baca juga: Wah, Jasa Marga Bali Tol Minta Bank Perbanyak Penjualan Uang Elektronik

Sedangkan kredit sindikasi untuk Proyek Jalan Tol Jasamarga Manado-Bitung diberikan oleh BNI, BCA, Bank Mandiri dan Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB) dengan kreditur dari Bank ICBC Indonesia, Bank Sulselbar, Bank RiauKepri dan Bank Jateng, Agen Fasilitas BNI, Agen Jaminan BCA dan Agen Penampungan Bank Mandiri.

Direktur Keuangan PT Jasa Marga Donny Arsa mengatakan, dengan adanya Financial close maka pihaknya mendapatkan kepastian mengenai pendanaan pada dua proyek jalan tol tersebut. Dirinya berharap ini juga menjadi awal pendanaan pendanaan infrastruktur lainya oleh perbankan.   

"Terimakasih juga karena akhirnya ada dua lagi yang sudah Financial close sehingga ada kepastian mengenai pendanaan. Semoga kedepannya pembiayaan untuk infrastruktur kian beragam," ujarnya dalam acara penandatanganan sindikasi kredit di Kantor Pusat Jasamarga , Jakarta, Jumat (13/10/2017). 

Baca juga: Jelang Penerapan Non-Tunai, BUJT dan Perbankan Berikan Diskon Uang Elektronik Perdana

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Bidang Edukasi Eka Pria Anas berharap dengan penggunaan samaan yang sudah didapat bisa mempercepat pengerjaan kedua jalan tol tersebut. Tentunya seiring tanah-tanah yang bisa segera dibebaskan dengan tambahan dana sindikasi ini. 

"Mudah-mudahan bisa mempercepat pengerjaan jalan tol. Karena tanahnya sebagian sudah beres. Bahkan yang di Pandaan Malang ini harus segera klaim pembayaran," jelasnya. 

Sebagai informasi, Sindikasi kredit dana yang didapatkan Jasamarga tertuang dalam Penandatanganan fasilitas kredit sindikasi berjangka waktu 15 tahun yang dilakukan di Jakarta. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George IMP Manurung, Pemimpin Divisi BUMN & Institusi Pemerintah BNI A.A.G Agung Dharmawan, Pemimpin Unit Sindikasi BNI Betty N. Alwi, Executive Vice President Bank Mandiri Sulaeman, dan Vice President Bank Mandiri Laksmi Wulandari,

Baca juga: Masih Banyak Masyarakat yang Ngotot Bayar Tol Pakai Tunai, Kenapa Ya?

Selanjutnya, Senior Vice President Corporate Banking BCA Yuli Melati Suryaningrum, Senior Vice President Corporate Finance BCA Lay Susiana Santoso, Senior Vice President Corporate Branch BCA Dhejani Surjadi, Direktur PT SMI Agresius R. Kadiaman, Head of Corporate Banking II Bank ICBC Indonesia Steveen Johanes, Kepala Departemen BUMN & NIA Indonesia Eximbank Nilla Meidhita, Direktur Utama Bank Jateng Supriyanto, Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar Rosmala Arifin, dan Pemimpin Divisi Komersial Khairul Anwar

Penandatanganan perjanjian kredit ini juga turut disaksikan oleh Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Donny Arsal dan Senior Executive Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar.

(tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini