Image

Apa Bisa BI Terapkan Pembayaran Tol Nontunai 100% di Akhir Oktober?

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1794725 apa-bisa-bi-terapkan-pembayaran-tol-nontunai-100-di-akhir-oktober-BRwIgYJSg3.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimis penerapan elektronifikasi pembayaran tol menggunakan uang elektronik (e-money) akan berjalan baik. Pasalnya pembayaran tol non tunai akan berlaku secara full atau 100% pada 31 Oktober mendatang di seluruh Indonesia.

 Baca juga: Konsumen atau Pengelola Jalan Tol yang Diuntungkan oleh E-Toll?

"Kami optimistis bisa terlaksana dengan baik," ungkap Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara di Komplek BI, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Menurutnya, persiapan juga terus dilakukan dan penerapan akan tetap sesuai rencana. Komunikasi dengan pihak terkait seperti Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) serta perbankan juga terus dilakukan.

 Baca juga: Waduh! Ratusan Gardu di Tol JORR Belum Dilengkapi GTO

"Intinya persiapannya in line jadi kerja sama antara BI dengan BUJT dengan perbankan bagus kok," jelasnya.

Selain itu, permintaan kartu e-money diperbankan juga terus mengalami kenaikan dan bank yang bekerjasama siap dalam memenuhi kebutuhan kartu ini.

 Baca juga: Bayar Tol Nontunai, Sistem "Tap" Bakal Beralih ke Sensor Mulai Desember 2018

"Mengenai penyediaan kartu juga terus meningkat. Jadi kartu juga tersedia dan persentase pengguna jalan tol yang sudah memakai kartu juga sudah semakin baik," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini