Image

Beroperasi 2019, Surabaya-Malang via Tol Pandaan Malang Hanya 1,5 jam

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 16:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1794828 beroperasi-2019-surabaya-malang-via-tol-pandaan-malang-hanya-1-5-jam-A4Nx0j6iG7.jpg Foto: Antara

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) menargetkan pembangunan jalan tol Pandaan Malang bisa rampung pada akhir tahun 2018. Sehingga pada 2019, tol ini bisa beroperasi penuh.

Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan Malang Agus Purnomo mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai upaya agar jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Pasuruan menuju Kota Malang. Pasalnya ruas tol ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat Malang dan sekitarnya.

Pasalnya, jumlah kendaraan yang melewati jalan arteri untuk menuju kota Malang sudah sangat padat. Dirinya memperkirakan Lintas Harian Rata (LHR) yang menuju kota Malang pada hari libur bisa mencapai 18 hingga 20 ribu kendaraan.

Baca juga: Dapat Suntikan Dana Rp3,5 triliun, Pembebasan Lahan Tol Bitung-Manado Rampung di 2018

"Karena kalau lewat jalur arteri sudah sangat padat. Dalam sehari itu ketika hari libur ada sekitar 18 sampai 20 ribu kendaraan," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Sehingga lanjut Agus, dengan adanya tol Pandaan Malang diharapkan bisa mengurai kendaraan yang menuju kota Malang. Selain itu, diharapkan juga bisa memangkas waktu tempuh kendaraan yang menuju Malang.

Sebagai contoh, jika dalam hari biasa, waktu tempuh dari Surabaya menuju Kota Malang bisa mencapai 3 jam. Bahkan ketika musim libur bisa membutuhkan waktu hingga 6 jam.

Baca juga: Dapat Suntikan Dana, Tol Pandaan-Malang Ditargetkan Beroperasi 2019

Sedangkan dengan adanya tol ini waktu yang dipangkas cukup signifikan. Karena dengan menggunakan tol ini, waktu yang dibutuhkan dari Surabaya menuju Malang hanya 1 jam 30 menit saja.

"Lama tempuh Surabaya-Malang pada akhir pekan dan libur panjang sudah sekitar lima sampai enam jam. Sedangkan jika tol Pandaan Malang sudah beroperasi bisa satu sampai satu setengah jam saja," jelas Agus.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini