Image

Cukai Rokok Naik, Inflasi Diramalkan Bisa Meleset 0,15% Lebih Tinggi

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 16:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1794838 cukai-rokok-naik-inflasi-diramalkan-bisa-meleset-0-15-lebih-tinggi-knt1eG7zIh.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Bea Cukai) mengumumkan kenaikan tarif cukai rokok untuk 2018 paling lambat minggu depan. Hal itu dinilai akan memengaruhi angka inflasi 2018.

Pemerintah memproyeksikan inflasi 2018 sebesar 3,5%. Dengan dinaikannya tarif cukai rokok tahun depan maka proyeksi tersebut diprediksi akan meleset ke level yang lebih tinggi.

Baca juga: Siap-siap! Harga Rokok Bakal Naik Pekan Ini

"Kenaikan tarif cukai rokok akan berdampak terhadap tambahan inflasi minimum sebesar 0,15% year on year atau secara tahunan. Jadi kalau tahun depan asumsi inflasi dalam RAPBN 2018 sebesar 3,5% (yoy), maka proyeksi inflasi akan meningkat menjadi 3,65% (yoy)," kata Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara ketika dihubungi Okezone.

Baca juga: Cukai Rokok Diprediksi Naik hingga 9% Tahun Depan, Sejauhmana Imbasnya ke Industri Rokok?

Dengan adanya kemungkinan meningkatnya inflasi tahun depan seiring dengan kenaikan cukai rokok, Bhima mengatakan hal itu akan berdampak terhadap daya beli masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Inflasi ini akan dampaknya negatif bagi masyarakat 40% kebawah. Bisa memukul daya beli lebih dalam lagi," jelasnya lebih lanjut.

Baca juga: Wih, Rokok Duduki Peringkat Kedua Konsumsi Rumah Tangga Miskin

Tentu saja, jika daya beli masyarakat melemah karena langkah pemerintah dalam meningkatkan penerimaan negara lewat cukai akan berimbas terhadap industri ritel. Bhima juga menilai bahwa rokok menjadi salah satu komoditas andalan industri ritel.

"Nanti akan berpengaruh ke penjualan ritel. Ini dibuktikan dari indeks penjualan retail Bank Indonesia yang menunjukkan tren kontraksi," tandasnya.

(tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini