Image

Warga Kaget Uang Palsu dari ATM, Apa Benar?

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 17:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1794906 warga-kaget-uang-palsu-dari-atm-apa-benar-fjrzAHi23o.jpg Ilustrasi: reuters

KARAWANG - Seorang warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat kaget setelah mengetahui uang yang ditarik dari anjungan tunai mandiri (ATM) tidak bisa digunakan untuk transaksi karena uang itu diduga palsu.

"Uang itu saya tarik dari salah satu gerai ATM BCA di jalan Interchange Karawang Barat," kata salah seorang warga Karawang Barat Oland PH Sibarani di Karawang, Jumat (13/10/2017).

Menanggapi kabar tersebut, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menegaskan tidak benar jika uang yang keluar dari mesin ATM BCA adalah uang palsu. Bahkan bila ada uang palsu, dirinya lah yang akan melaporkan temuan tersebut ke pihak kepolisian.

Baca juga: Dari 189.477 Lembar Uang Palsu, BI Pastikan Tak Ada Rupiah Baru yang Dihancurkan

“Tidak benar ATM BCA keluarkan uang palsu, kalau benar pasti kita yang laporkan ke polisi lebih dulu, kerja sama kita dengan mabes dan polda baik sekali,” kata Jahja saat di konfirmasi Okezone, Jumat (13/10/2017).

Sebelumnya, Oland mengatakan, saat dirinya sedang melakukan transaksi di salah satu toko ban mobil di wilayah Karawang, dengan menggunakan uang yang sebelumnya ditarik dari ATM itu.

"Tapi petugas toko ban itu meminta saya mengganti salah satu lembar uang pecahan Rp100.000, karena diduga palsu. Petugas toko ban itu memang melakukan pemindaian dengan menggunakan alat pendeteksi uang palsu atau asli," kata dia lagi.

Warga Perumahan Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang itu sebelumnya atau pada Kamis (12/10), menarik uang di ATM BCA Jalan Interchange Karawang Barat senilai Rp10 juta pecahan Rp100 ribu.

Baca juga: WOW! Ada 246 Kasus Uang Palsu, 574 Orang Jadi Tersangka

Dia mengaku kaget karena ternyata dari 100 lembar uang kertas tersebut ada yang tidak bisa digunakan untuk transaksi karena diduga uang palsu.

"Saya kaget dan heran, kenapa di ATM ada uang palsunya," katanya.

Setelah selembar uang pecahan Rp100 ribu yang sebelumnya ditarik dari ATM itu tidak bisa digunakan transaksi karena diduga palsu, Oland sempat mencermati uang itu.

Ternyata pecahan uang kertas itu terlihat kumal dan warnanya pucat. Warna hologramnya juga terlihat lebih keungu-unguan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini