Image

Sambungkan Kota Bitung dan Manado, Tarif Tol Ini Dipatok Rp35.100

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 17:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1794910 sambungkan-kota-bitung-dan-manado-tarif-tol-ini-dipatok-rp35-100-oCWmT36VuP.jpg Foto: Antara

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) terus berupaya menggenjot pengerjaan jalan tol Bitung-Manado. Pasalnya, jalan tol tersebut ditargetkan bisa full operasional pada tahun kuartal 2019 mendatang.

Direktur Utama PT Jasa Marga Manado Bitung George IMP Manurung mengatakan jika sudah beroperasi, tol tersebut akan dikenakan tarif sebesar Rp900 pw kilo meternya. Artinya dengan asumsi panjang tol 39 kilometer berarti tol Manado menuju Bitung akan dikenakan tarif Rp35.100.

"Tarif tol sudah ditetapkan Rp900 per km untuk golongan 1," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Baca juga: Beroperasi 2019, Tol Bitung-Manado Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Dengan tarif yang tak begitu besar, diharapkan tol baru tersebut bisa digunakan secara baik oleh masyarakat sekitar. Khususnya untuk mengembangkan ekonomi sekitar.

"Ini tol ini proyeksinya memang untuk menghubungkan antara Bitung-Manado. Diharapkan dengan adanya tol ini semakin meningkatkan ekonomi sekitar," jelasnya.

Apalagi, Bitung merupakan kota yang dekat dengan pelabuhan. Sehingga banyak sekali truk kontainer yang berlalu lalang kesana.

"Karena kan memang di sana untuk lewatnya mobil-mobil yang mengangkut logistik ke pelabuhan menuju Bitung. Jadi sangat butuh untuk mempercepat arus barang," jelas George.

Karena menurutnya, jika tidak menggunakan tol, arus barang menuju pelabuhan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sementara dengan adanya tol tersebut waktu tempuh yang dibutuhkan hanya 30 hingga 40 menit saja.

"LHR 14 ribu kendaraan, diperkirakan 14 ribu kendaraan kalau Weekend. Kalau hari biasa 10 % dari 14 ribu kendaraan. Kalau jam pagi ya," kata George

Baca juga: Dapat Suntikan Dana Rp3,5 triliun, Pembebasan Lahan Tol Bitung-Manado Rampung di 2018

"Cukup (tinggi) trafficnya. karena jalan existingnya buat dua lane, dua arah. Jadi, jika ada gangguan sedikit, ada kendaraan mogok antrean lumayan panjang. Kalau tidak naik tol 1-1,5 jam.Ya mungkin 30-40 menit bisa sampai," imbuhnya.

Belum lagi, Bitung diwacanakan akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus oleh pemerintah. Sehingga tol ini akan sangat membantu keberadaannya.

"Belum lagi ada wacana akan ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bitung itu. Jadi menurut saya dengan adanya tol ini sangat membantu," ucapnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini