Image

Berlakukan Cashless, Jasa Marga Pastikan Tak Ada PHK Karyawan!

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 19:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1795034 berlakukan-cashless-jasa-marga-pastikan-tak-ada-phk-karyawan-7zXnlSho0e.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) mendukung upaya pemerintah menetapkan penggunaan uang elektronik untuk pembayaran tol. Yang mana penggunaan tol tersebut akan berlaku mulai 31 Oktober 2017 di semua ruas tol.

Penerapan penggunaan uang elektronik untuk pembayaran tol pun cukup membuat khawatir banyak pihak khususnya karyawan Jasa Marga. Pasalnya dengan adanya uang elektronik keberadaannya akan terasingkan dan berpotensi di PHK.

Namun hal tersebut dibantah oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Jasa Marga Kushartanto. Menurutnya meskipun nantinya pembayaran akan dialihkan menggunakan cashless, namun tidak akan ada karyawan yang di PHK.

Baca juga: Bayar Tol Wajib Nontunai, Jokowi: Apa Kita Mau Cash Terus?

"Kami tegaskan di Jasa Marga akibat dari kebijakan cashless ini tidak ada PHK," ujarnya dalam Konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Karena menurutnya, meskipun ada kebijakan cashless, pihaknya sama sekali tidak berpengaruh. Karena meskipun nanti menggunakan GTO, akan tetap penjaga yang berjaga.

"Karena ketika kebijakan ini dilaksanakan, nantinya tidak bisa semena-mena meninggalkan bantuan orang. Kami menyimpulkan kebijakan non-tunai ini akan tetap perlu orang agar konsumen bisa tetap lancar di gerbang tol dengan adanya supervisi dari orang-orang tadi," jelasnya.

Nantinya lanjut Kus, pihaknya akan menempatkan 1 orang untuk menjaga tiga gardu tol otomatis. Satu orang ini akan membantu apabila masyarakat membutuhkan bantuan agar tidak menimbulkan kemacetan.

Baca juga: 100% Transaksi Non Tunai, Lalu Bagaimana Nasib 3.450 Penjaga Gardu Tol?

"Jadi nanti ini untuk membantu mobil yang melintas kalau ada kesulitan atau kendala," ucapnya.

Sementara itu Ketua Umum Serikat Karyawan Jasa Marga Muhammad Kusnadi mengatakan pihaknya telah bersepakat dengan management untuk tidak ada PHK meskipun ada aturan mengenai cashless. Untuk menyiasatinya pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah.

"Kami bersama management sepakat bahwa akibat cashless tidak ada PHK di Jasa marga. Bagaimana menyiasatinya," ucapnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini