Image

Mantap! Presiden Sebar 1.300 Sertifikat Lahan untuk Petani Sumsel

ant, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 20:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1795074 mantap-presiden-sebar-1-300-sertifikat-lahan-untuk-petani-sumsel-y5lzonvtNX.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PALEMBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sertifikat lahan untuk para petani di Sumatera Selatan (Sumsel) agar mereka semakin nyaman dalam berusaha.

Penyerahan 1.300 sertifikat itu dilaksanakan saat peresmian dan tanam perdana peremajaan kelapa sawit di Desa Panca Tunggal Musi Banyuasin, Sumsel, Jumat (13/10/2017).

Presiden mengatakan, penyerahan sertifikat itu untuk memenuhi target lima juta sertifikat dalam satu tahun.

Namun, lanjut Presiden, yang lebih penting lagi, dengan adanya sertifikat maka petani menjadi aman dalam berusaha. Apalagi sekarang ini sering terjadi sengketa tanah akibat belum jelasnya kepemilikan lahan.

Jokowi melanjutkan bahwa pihaknya terus membantu dan bila ada perkebunan milik rakyat di lahan produktif, pihaknya akan membebaskan dalam arti diberi sertifikat.

Lebih lanjut dia mengatakan, kesemua itu karena pihaknya menargetkan ribuan sertifikat dalam satu tahun termasuk Sumsel. Memang, diakuinya untuk Sumsel ini masih sedikit sehingga perlu diperbanyak lagi.

"Jadi diminta kepada Kementerian Agraria untuk mewujudkan penambahan sertifikat tersebut," katanya.

Menurut dia, dengan kerja keras dan kerja sama maka menambah sertifikat dapat ditingkatkan tiap tahun. Kata dia, jika biasanya hanya 400 ribu maka ke depan harus lebih ditingkatkan.

Dia mengatakan, sertifikat lahan adalah hak bagi masyarakat. Jadi bila sudah memiliki maka tidak ada yang bisa mengaku-ngaku.

Namun, kalau belum punya maka tidak bisa berbuat banyak apalagi jika ada perusahaan yang klaim dan melihatkan mereka punya sertifikat, kata presiden menambahkan.

Dalam acara tersebut juga diberikan bibit kepada petani dan pemberian terus dikawal supaya sampai pada petani.

(tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini