Image

Tak Ada Pemecatan, Jasa Marga Bakal Alihkan Karyawannya ke Anak Usaha

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 20:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1795098 tak-ada-pemecatan-jasa-marga-bakal-alihkan-karyawannya-ke-anak-usaha-PNZRqFm3qE.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - PT Jasa Marga(Persero) memastikan tidak akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya. Hak tersebut mematahkan anggapan yang beredar akan ada PHK yang dilakukan Jasa Marga dengan pemberlakuan uang elektronik untuk pembayaran tol.

Hak tersebut dipertegas oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Jasa Marga Kushartanto. Menurutnya tidak ada pemutusan hubungan kerja , yang ada hanyalah pengalahan menuju posisi yang lebih baik.

Seperti dengan mengalihkan beberapa karyawan menuju anak-anak usaha dari perseroan. Ataupun mengalihkan menuju kantor-kantor cabang dari perusahaan.

Baca juga: Berlakukan Cashless, Jasa Marga Pastikan Tak Ada PHK Karyawan!

"Jadi bukan di PHK, kita alihkan ke kantor-kantor dari anak perusahaan kita. Kan banyak tuh," ujarnya dalam Konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Selain itu lanjut Kus, pihaknya juga akan memberikan opsi kepada para pekerja untuk mengembangkan diri dengan berwiraswasta. Nantinya, pihaknya akan memberikan pelatihan bagi siapa pun yang berniat mengembangkan diri menjadi wiraswasta.

"Kita juga akan berikan pelatihan kalau mereka mempunya pilihan jadi wiraswasta," jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Serikat Karyawan Jasa Marga Muhammad Kusnadi mengatakan pihaknya bersepakat dengan management untuk memfasilitasi para karyawan yang terkena dampak. Seperti dengan menyediakan beberapa profesi alternatif ataupun tempat kerja yang baru.

Baca juga: Bayar Tol Wajib Nontunai, Jokowi: Apa Kita Mau Cash Terus? 

"Kami bersama management sepakat bahwa akibat cashless tidak ada PHK di Jasa Marga. Bagaimana menyiasatinya. Kami menyiapkan ahli profesi ada beberapa alternatif Bahwa satunya kita tempatkan di kantor cabang atau kantor pusat Jasa Marga.Sebagian kita tempatkan di anak usaha jalan tol. Dan anak usaha lain lain. Jasa Marga juga akan memberdayakan para pekerja yang ingin berwiraswasta. Jadi pada prinsipnya kami skjm mengawal proses ini. Tidak ada PHK di Jasa Marga," jelasnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini