Image

Simak! Jokowi Beberkan Untungnya Jika Seluruh Tol di Medan Sudah Tersambung

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 21:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1795124 simak-jokowi-beberkan-untungnya-jika-seluruh-tol-di-medan-sudah-tersambung-c71U0F5ppE.jpg Foto: Dani Jumadil Akhir (Okezone)

DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pengoperasian jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan tol Medan-Binjai pada hari ini.

Tercatat, tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi 2-6 (Parbarakan-Sei Rampah) sepanjang 41,65 km. Sedangkan tol Binjai-Medan seksi 2 dan 3 (Helvetia-Binjai) sepanjang 10,46 km.

Akan tetapi, ruas tol tersebut masih ada beberapa yang belum tersambung, seperti MKTT seksi 7 dari Sei Rempah-Tebing Tinggi. Seksi 7 ini ditargetkan selesai pada April 2018.

"Ini kan belum selesai semuanya, nanti kalau sudah selesai semuanya, tersambung dengan titik-titik pertumbuhan yang juga sudah kita rencanakan sebelumnya," kata Jokowi, Deli Serdang, Jumat (13/12/2017).

Menurut Jokowi, dengan seluruhnya tersambung tol, maka akses konektivitas semakin mudah.

"Misalnya nanti akan sambung Pelabuhan Kuala Tanjung, Sei Mangkei, kemudian sambung sampai Danau Toba. Artinya ada kawasan industri, kawasan pelabuhan yang akan gampang keluar dan masuknya barang, diangkut ke tempat tujuan. Itu yang pertama," sebut Jokowi.

Tidak hanya itu, tol yang tersambung akan mendongkrak pariwisata. "Yang kedua, pariwisata, juga akan mempercepat wisatawan yang sudah turun di Bandara Kualanamu untuk masuk ke Toba. Semua akan mempercepat," paparnya.

Jika semuanya sudah cepat, lanjut Jokowi mengatakan, maka akan semakin efisien, daya saing meningkat dan ekonomi akan tumbuh. Namun, Jokowi tidak menyebut besaran pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Ini belum selesai, tolnya kan belum selesai, masih ada 14 km yang belum, yang ke Kuala Tanjung juga belum, yang ke Toba juga masih harus diselesiakan. Belum selesai kok," tukasnya.

(tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini