Image

Janji Menko Luhut: Dalam 3 Tahun Indonesia Stop Impor Garam

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017, 17:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 17 320 1797176 janji-menko-luhut-dalam-3-tahun-indonesia-stop-impor-garam-JDuPVVqpit.jpg Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Okezone/Arief)

JAKARTA - Pemerintah tengah berupaya untuk memaksimalkan potensi pertanian garam di dalam negeri. Harapannya, pada 2020 nanti Indonesia tidak lagi mengimpor garam untuk memenuhi kebutuhan garam.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah menargetkan dalam tiga tahun Indonesia tidak akan lagi melakukan impor garam. Luhut melanjutkan, Pemerintah akan ikut andil dalam menggenjot peningkatan produksi garam.

Baca juga: Masuki Musim Hujan, Harga Garam Terkerek Naik

Menurutnya, melalui PT Garam pemerintah akan mengajak serta sektor swasta, sehingga peningkatan produksi garam dapat dimaksimalkan. Pasalnya, PT Garam sudah membangun sentra produksi di Teluk Kupang.

"Jadi produksi garam kita bisa kita genjot. Lahan kita kan luas 30 hektar lebih, tapi PT Garam enggak melakukan investasi atau ajak swasta. Nah ini mau kita efektfkan," kata Luhut di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (17/10/2017).

Baca juga: Harga Naik di Saat Banjirnya Impor Garam, Kok Bisa?

Selain itu, Pemerintah juga akan menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk memproduksi garam, termasuk memudahkan petani garam untuk mendapatkan air tua atau air bahan baku pembuat garam melalui pembuatan tanggul.

"UU kan menentukan, pemerintah menyiapkan infrastruktur sehingga petani bisa dapat air tuanya itu," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini