3 Tahun Jokowi JK, Serikat Pekerja: Jaminan Sosial Masih Jauh dari Harapan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 19 320 1798673 3-tahun-jokowi-jk-serikat-pekerja-jaminan-sosial-masih-jauh-dari-harapan-iWqRpjhGb2.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tidak terasa, pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sudah memasuki tahun ketiganya. Banyak capaian yang sudah dilakukan oleh keduanya selam periode tiga tahun itu.

Namun tidak sedikit pula hal-hal yang perlu diperbaiki oleh keduanya disisa dua tahun kepemimpinannya. Salah satunya adalah mengenai jaminan sosial kepada masyarakat.

 Baca juga: Menko Luhut: Hampir Tak Ada Proyek Pak Jokowi yang Tidak Jalan

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan dalam kurun waktu tiga tahun kepemimpinan Jokowi-JK dirinya beranggapan jaminan sosial masih sangat jauh dari harapan. Khususnya dalam hal pelayanan dari rumah sakit.

"Tiga tahun pemerintahan Jokowi dan JK , jaminan sosial masih jauh dari harapan dari konstitusi kita," ujarnya saat ditemui di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Baca juga: Infrastruktur Masih Tertinggal, Jokowi: Jangan Mimpi Bisa Kompetisi

Pasalnya lanjut Said, masih banyak masyarakat yang ditolak untuk berobat ketika menggunakan kartu BPJS. Padahal masyarakat sudah rutin membayar iuran kepada BPJS Kesehatan.

"Dengan berbagai macam persoalan yang terjadi masih banyak masyarakat yang ditolak ketika berobat dengan menggunakan BPJS," jelasnya.

Baca juga: Pertemuan Jokowi dengan Emir Qatar Fokus Bahas Infrastruktur dan Pariwisata, Berapa Nilainya?

Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini BPJS Kesehatan perlu memperbaiki layanannya. Selain itu, pemerintah juga perlu menambah jumlah rumah sakit yang bisa diajak bekerjasama khususnya swasta.

"Jumlah penduduknya banyak pesertanya banyak, tapi rumah sakitnya sedikit. Pemerintah juga harus tegas kepada RS yang menolak menggunakan BPJS dengan alasan apapun," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini