Image

MNC Finance Gaet Kemendagri Manfaatkan Data Tunggal Kependudukan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 20 Oktober 2017 21:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 20 320 1799619 mnc-finance-gaet-kemendagri-manfaatkan-data-tunggal-kependudukan-zLzCGUoFKV.jpg MoU MNC Finance dengan Kemendagri (Foto: Giri Hartomo/Okezone)

JAKARTA - MNC Finance bersama sembilan lembaga keuangan melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) data kependudukan dan KTP Elektronik. Prosesi penandatanganan kerjasama ini disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dengan perwakilan masing-masing perusahaan yang terdiri dari PT MNC Finance, PT Asuransi Jasa Indonesia (Peraero), PT Bahana TCW Investment Management, PT Bank Ganesha Tbk, PT Bank Maspion Indonesia Tbk, PT Federal International Finance, Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati, PT Olympindo Multi Finance, OT Sahabat Finansial Keluarga, dan PT Toyota Astra Financial Services.

Direktur Utama PT MNC Finance Suhendra Lie mengatakan, kerjasama ini dilakukan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Serta dengan adanya kerjasama ini mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan usaha.

Sehingga hal ini membuat dapat berimplikasi kepada pertumbuhan usaha yang berkualitas baik. Selain itu, kerjasama ini mendukung program pemerintah terkait penerapan single indetity dimasa yang akan datang.

"Membantu kita calon konsumen dengan cepat dan akurat dengan didasari ketunggalan dari kerjasama kali ini. Sehingga bisa meminimalisir resiko dari ketidakpastian data data konsumen atau nasabah atau pihak lain yang bisa memberikan dampak negatif keberlangsungan usaha kami dalam bidang keuangan," ujarnya dalam acara penandatanganan kerjasama dengan kendali di Kota Karena, Jakarta , Jumat (20/10/2017).

Sementara itu Dirjen Disdukcapil Zudan Arif Fakrulloha mengatakan hari ini merupakan hal yang membahagiakan karena ada sekitar sepuluh lembaga keuangan yang berkenan memanfaatkan data kependudukan tunggal untuk bisnisnya. Menurutnya, pemanfaatan data tunggal ini sangat bagus untuk kegiatan

"Hari ini salah satu hari yang membahagiakan bagi saya. Hari yang membahagiakan bagi saya ada sepuluh lagi yang berkenan pemanfaatan kependudukan untuk menjadi bangsa yang lebih baik. Terimakasih kepada direktur utama MNC finance terima kasih juga untuk sepuluh lembaga keuangan lainya," jelas Arif.

Sebagai informasi, kerjasama dengan sejumlah lembaga keuangan dilakukan sebagai tindak lanjut atas nota kesepemahaman antara Mendagri dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dilakukan pada 2014 untuk kerjasama pemanfaatan nomor induk kependudukan (NIK) data kependudukan dan KTP elektronik serta nota keseoemahaman yang telah dengan instansi pemerintah terkait.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini