Cukai Rokok Naik 10,4%, Menko Darmin: Akan Pengaruhi Jumlah Produksi

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 25 320 1802354 cukai-rokok-naik-10-4-menko-darmin-akan-pengaruhi-jumlah-produksi-Csj1n8w5sI.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Pemerintah akan menaikan tarif cukai rokok sebesar 10,4% pada tahun 2017 mendatang. Namun kenaikan cukai rokok tersebut diprediksi akan menurunkan kinerja dari industri rokok sebesar 2% hingga 3%.

Tak hanya itu, akibat kenaikan cukai, jumlah produksi rokok juga diprediksi akan mengalami penurunan. Dari yang tadinya mampu memproduksi 342 miliar batang akan turun menjadi 335,6 miliar batang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kenaikan cukai rokok harus diakuinya akan berpengaruh terhadap kinerja industri rokok. Karena menurutnya, saat ini harga-harga rokok sudah mempengaruhi jumlah dari produksi.

Baca juga: Apa Alasan Bea Cukai Naikkan Tarif Cukai Rokok 10,04%?

"Memang mau tidak mau akan ada (pengaruhnya) karena harga-harga rokok di kita sudah sampai pada tahap dia mempengaruhi jumlah produksi," ujarnya saat ditemui Okezone di JS Luwansa, Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Meskipun begitu, Darmin tidak mengetahui secara pasti angka pengaruh kenaikan cukai terhadap produksi rokok. Karena menurutnya, data pasti dari pengaruh kenaikan cukai tersebut ada pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Tarif Cukai Naik, Produksi Rokok Bakal Turun hingga 3%

"Memang ada pengaruhnya tapi saya tidak tahu persennya. Kamu bisa tanya ke Ditjen cukai," jelasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI) meminta pemerintah untuk memperhatikan industri rokok saat menaikan tarif cukai. Apalagi saat ini industri rokok tengah dalam tren yang lesu.

Jika dipaksakan untuk naik tentunya akan berakibat buruk bagi kinerja industri rokok. Karena, industri rokok akan mengalami penurunan kinerja hingga 3% pada tahun depan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini