nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ECONOMIC VIEWS: Jokowi Cek Tambak Naik Motor Trail hingga Ina Primiana Jadi Komisaris Utama Pegadaian

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Minggu 05 November 2017 09:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 03 320 1807678 economic-views-jokowi-cek-tambak-naik-motor-trail-hingga-ina-primiana-jadi-komisaris-utama-pegadaian-XpKoAeVk5b.jpg Foto: Facebook Presiden Jokowi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengunjungi Muara Gembong, Kabupaten Bekasi untuk melaksanakan sejumlah kegiatan di wilayah pesisir daerah tersebut. Namun, lagi-lagi Presiden Jokowi melakukan aksi yang cukup mengejutkan.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan kenaikan besar Upah Minimum Provinsi (UMP) 2018 sebesar 8,71%. Adapun nilai UMP DKI di 2018 sebesar Rp3.648.035.

Di sisi lain, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno selaku pemegang saham mengangkat Ina Primiana sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Pegadaian (Persero). Hal ini dilakukan pada Senin, 30 Oktober 2017.

Ketiga berita tersebut merupakan berita-berita populer selama akhir pekan kemarin di kanal Okezone Finance. Berikut berita selengkapnya:

Wuss.. Naik Motor Trail, Jokowi Meninjau Tambak Udang dan Ikan Bandeng di Bekasi!

Presiden Jokowi kembali menaiki motor trail di daerah tersebut. Tiba di lokasi acara dialog perhutanan sosial untuk pemerataan ekonomi sekitar pukul 10.30 WIB, Presiden Jokowi disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

"Dengan sepeda motor trail meninjau tambak-tambak udang dan ikan bandeng di Muara Gembong, Bekasi, siang ini," ujarnya seperti dilaman Facebook, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Baca Juga:

Simak! Begini Penjelasan Sri Mulyani soal Pembangunan ala Presiden Jokowi

Coba Makanan di Food Truck, Presiden Jokowi: UMKM Kita Harusnya Dibantu Begini

Seperti diketahui, di lokasi tersebut, Jokowi akan melakukan penebaran benih udang dan penekanan tombol sebagai simbol dimulainya program budi daya udang di Muara Gembong.

Sebelumnya, Jokowi pernah menggunakan motor trail saat berkunjung di Papua. Jokowi didampingi pejabat negara lain di antaranya Panglima TNI dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Pasukan Pengaman Presiden mengendarai motor. Tampaknya motor yang digunakan Presiden adalah KLX 150BF.

SAH! UMP DKI Jakarta 2018 Sebesar Rp3,64 Juta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, setelah melalui seluruh proses perundingan antara pengusaha, pekerja dan pemerintah, UMP 2018 akhirnya bisa diputuskan.

Berdasakan inflasi periode September 2016 sampai September 2017 sebesar 3,2%, dan Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) 4,99%, maka setelah dihitung, besaran UMP 2018 dibandingkan 2017 naik 8,71%.

"Dengan begitu kita tetapkan UMP Jakarta 2018 sebesar Rp3.648.035, di mana sebelumnya Rp3.355.000," ucapnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Baca Juga: Buruh Minta Rp3,92 Juta vs Pengusaha Rp3,65 Juta, Berapa Angka Final UMP DKI Jakarta?

Anies mengatakan, jika ditanya apakah penetapan ini adil atau tidak tentu setiap pihak mempunyai angka masing-masing. Namun, besaran UMP 2018 sebesar 8,71% sudah mengakomodir semua pihak yang telah ikut berunding.

"Dari sisi buruh nikmati kenaikan. Sisi pengusaha tidak terlalu menanggung beban mengingat pertumbuhan ekonomi saat ini sedang lesu," tuturnya.

 Baca Juga: SAH! Naik Rp200.000, UMP Sumatra Utara Tahun 2018 Capai Rp2,1 Juta

Sebelumnya, Anggota Dewan Pengupahan DKI dari unsur pengusaha, Sarman Simanjorang mengatakan, angka yang diperoleh dari unsur pengusaha sesuai dengan PP 78 Tahun 2015, atau dihitung dari UMP berjalan saat ini, Rp3.355.750 dikali 8,71% angka pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional. Sedangkan usulan dari serikat pekerja Rp3.917.398 atau lebih besar Rp269.000 dari usulan pengusaha dan pemerintah.

Usai Ganti Dirut, Menteri Rini Tunjuk Ina Primiana Jadi Komisaris Utama Pegadaian

Bertempat di kantor Kementerian BUMN Jakarta, acara penyerahan surat keputusan dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Usaha Jasa keuangan, Jasa Survei dan Konsultan I, Bandung Pardede. Hadir pula Komisaris PT Pegadaian (Persero) Heru Subiyantoro serta jajaran Direksi Pegadaian.

Bandung Pardede menyampaikan, selamat kepada Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Bandung ini.

Baca Juga: Ditunjuk Menteri Rini, Ini Sepak Terjang Sunarso Dirut Pegadaian yang Baru

“Saya mengucapkan selamat atas pengangkatan ibu Ina untuk mengemban tugas sebagai Komisaris Utama Pegadaian. Sebelumnya, posisi ini selama dua tahun dirangkap oleh pak Heru (Heru Subiyantoro),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10/2017).

Sementara itu Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso menyampaikan, terima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah melengkapi organ perusahaan.

“Kelengkapan organ perusahaan merupakan satu hal penting dalam penegakan Good Corporate Governance. Dengan kelengkapan organ perusahaan ini diharapkan penilaian skor GCG dan KPKU semakin meningkat,” kata Sunarso.

Baca Juga: Dirut Baru Pegadaian, Sunarso Ingin Bawa Pegadaian Bermanfaat Luas

Dengan penetapan tersebut, maka susunan Komisaris PT Pegadaian (Persero) saat ini :

•Komisaris Utama: Ina Primiana(merangkap Komisaris Independen)

•Komisaris: Heru Subiyantoro

•Komisaris : Satya Arinanto

•Komisaris : Fadlansyah Lubis

•Komisaris : Bandung Pardede.

•Komisaris: Umiyatun Hayati Triastuti.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini