LPS Turunkan Suku Bunga, Agus Marto: Transmisinya Butuh 3 Kuartal

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 03 November 2017 18:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 03 320 1808015 lps-turunkan-suku-bunga-agus-marto-transmisinya-butuh-3-kuartal-iExd4Olnsc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menurunkan tingkat bunga penjamin (LPS rate) sebesar 25 basis poin. Adapun pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan naik dari 9,47% menjadi 11,7%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Marnowardojo mengatakan, penurunan suku bunga ini akan memberikan dampak bagi pertumbuhan transmisi Dana Pihak Ketiga (DPK), terlebih didorong pula dengan kebijakan penurunan BI Rate beberapa bulan sebelumnya.

"Kita kan lihat pertumbuhan DPK kan cukup baik. Kita kan lihat juga LPS sudah menurunkan bunga penjaminan. Kita secara umum, dua bulan terakhir selama Agustus dan September kan memang ada penurunan BI Rate," ujar Agus Marto di Gedung BI, Jumat (3/11/2017).

Agus Marto menambahkan, diperlukan waktu hingga tiga kuartal ke depan untuk mengetahui kemungkinan tranmisi DPK dapat mempengaruhi tingkat bunda dan kredit.

"Kita yakini transmisinya memerlukan waktu untuk ke tingkat bunga dan kredit itu perlu dua hingga tiga kuartal. Jadi memerlukan waktulah untuk sesuaikan bunga. Secara umum di 2018, pertumbuhan DPK bisa 9%-11%," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini