Image

Efek Kecanduan Kartu Kredit, Tak Bisa Menahan Hasrat Belanja hingga Terlilit Utang

Agregasi Minggu 12 November 2017, 06:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 08 320 1810733 efek-kecanduan-kartu-kredit-tak-bisa-menahan-hasrat-belanja-hingga-terlilit-utang-u9QMVkek3v.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kecanduan merupakan keinginan yang secara terus menerus terhadap sebuah objek atau aktivitas. Kecanduan mempunyai konotasi negatif. Tidak hanya terhadap obat terlarang ataukah menonton TV, kecanduan juga dapat terjadi pada kita apabila kita gemar melakukan pembayaran melalui kartu kredit.

Memiliki kartu kredit tidak menjadikan kita orang yang salah dalam memilih proses pembayaran, atau juga bisa dikatakan bahwa kartu kredit adalah kartu yang banyak memberikan kemudahan dan keuntungan bagi kita. Hanya saja banyak orang yang tidak memahami apa dan bagaimana kartu kredit dapat memberikan kita kemudahan dan keuntungan.

Bagi seorang pebisnis, memiliki kartu kredit lebih dari satu merupakan keuntungan tersendiri, namun bagi seorang karyawan mempunyai kartu kredit lebih dari satu dapat menjadi sebuah malapetaka. Kita dapat menganalogikan seperti anak singa, dengan struktur tubuh yang kecil dan usia yang masih bayi. Anak singa akan teras lebih aman dan lucu. Namun apabila menjadi dewasa, singa akan menjadi hewan yang buas dan diperhitungkan. Demikian dengan kartu kredit, apabila dengan jumlah yang sedikit maka akan lebih mudah untuk dikendalikan. Tetapi dengan jumlah yang besar tentunya akan susah untuk kita bendung.

Beberapa hal dapat ditimbulkan dari kecanduan kartu kredit dapat menambah rentetan masalah yang sulit untuk diselesaikan. Selain itu, kecanduan tersebut akan membuat kita menjadi susah untuk membendung dan menguranginya, kecanduan kartu kredit sangat erat hubungannya dengan psikologis sehingga akan susah untuk disembuhkan. Hanya niat dari diri sendirlah yang mampu membendungnya. Kita dapat menghindari hal-hal yang dapat menjadi ketergantungan dan kecanduan oleh kartu kredit.

1. Merasa Uang Selalu Ada

Efek dari kecanduan kartu kredit yang pertama adalah selalu merasa punya uang, sehingga keinginan untuk selalu membeli dan membeli akan selalu hinggap dalam diri seseorang tersebut. Rasa selalu mempunyai uang ini adalah efek karena kita merasa mempunyai back-up dana dari bank penerbit kartu. Dan yang lebih berbahaya lagi, orang yang kecanduan akan cenderung tidak mengontrol dan tidak tahu secara rinci kondisi keuangannya sehingga mereka bertendensi akan menghabiskan limit dari kartu dan meninggalkan banyak utang.

2. Tidak Bisa Menahan Diri untuk Belanja

Hal lainnya adalah sulit untuk mengontrol diri. Sulit untuk mengontrol dan memilahkan antara kebutuhan dan keinginan. Orang dengan efek ini akan cenderung melihat belanja sebagai kebutuhan sehingga keinginan untuk berbelanja akan menjadi dominasi pada dirinya. Padahal kebutuhan adalah Sesuatu yang bersifat urgent atau mendesak. Kita memakai baju adalah kebutuhan, bayangkan kalau kita tidak memakai baju atau memakai baju tapi sangat tidak layak. Akan tetapi, apabila kita membeli baju dengan harga yang cukup mahal di luar kapasitas kita, kegiatan membeli baju itu sudah berubah menjadi keinginan. Kita masih bisa membeli baju yang cukup layak dengan harga yang terjangkau.

3. Terlilit Utang

Dengan aktivitas konsumtif yang terus menerus, sudah pasti utang akan semakin menumpuk. Seperti kita ketahui bahwa sistem dalam kartu kredit adalah bunga dan akan berbunga lagi dengan nilai yang sudah ditambah dengan bunga sebelumnya. Jumlah yang cukup besar tentunya akan semakin besar dan susah untuk dikendalikan. Maka dari itu, banyak orang yang sudah kecanduan kartu kredit terjerat dalam utang yang besar.

4. Imajinasi Keuangan yang Negatif

Orang dengan kecanduan kartu kredit akan mempunyai halusinasi atau bayangan dalam kehidupannya bahwa segala sesuatu akan mudah dan nyaman. Tanpa disadari hal ini akan terus menyeret ke dalam kesulitan yang semakin hari-semakin besar. Halusinasi dan bayangan ini akan menjadi pemicu dari permasalahan keuangan berupa utang. Dengan kemudahan untuk membeli barang di saat dana kita sangat minim, tentunya akan menciptakan bayangan kemudahan lainnya dan sebuah keistimewaan dalam diri seseorang pecandu kartu kredit.

Bijaksana dalam Menggunakan Kartu Kredit

Maka dari itu memiliki kartu kredit diperlukan kehati-hatian dan kebijaksanaan dalam menggunakannya. Salah kita dalam melangkah maka kondisinya akan menjadi fatal dan memberikan banyak masalah finansial yang akan selalu berlanjut dan susah untuk dibendung.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini