Image

Tidak Bisa Bahasa Inggris, Bisa Berdampak Buruk Pada Karier

Agregasi Senin 13 November 2017, 22:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 10 320 1811945 tidak-bisa-bahasa-inggris-bisa-berdampak-buruk-pada-karier-hrJO29vtf3.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Belajar Bahasa Inggris sepertinya sudah pernah kita pelajari saat duduk di bangku sekolah dasar hingga menengah. Bagi yang melanjutkan hingga perguruan tinggi, biasanya Bahasa Inggris juga akan menjadi salah satu mata kuliah wajib di semester pertama. Lalu bagaimana sekarang? Apakah kemampuan Bahasa Inggrismu sudah sangat lancar? Bahasa Inggris sejatinya bukan hanya dipelajari terus tapi harus dipraktikan juga.

Untuk penguasaan Bahasa Inggris, Indonesia mendapatkan ranking ke-32 dari total 72 negara yang masuk kategori. Ini bisa diartikan bahwa mayoritas masyarakat kita tidak menguasai bahasa internasional tersebut. Padahal, di era globalisasi ini berbicara Bahasa Inggris seharusnya sudah diterapkan dengan baik. Tidak perlu fasih berbicara Bahasa Inggris, tetapi perlu memahami saja ketika orang asing berbicara Bahasa Inggris kepada kita.

Bisa berbicara Bahasa Inggris ternyata juga memberikan keuntungan dalam kehidupan karier kita. Saat ini sudah banyak perusahaan asing yang berdiri di Indonesia. Lalu apa ruginya tidak bisa Bahasa Inggris? Berikut ulasannya.

1. Peluang Mendapat Pekerjaan Baru Lebih Sempit

Melihat situasi global saat ini, jika kita belum memiliki kemampuan bahasa inggris yang mumpuni, peluang untuk bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik akan lebih sempit. Biasanya, perusahaan asing sering mengadakan rekrutmen yang mensyaratkan bisa Bahasa Inggris. Untuk kesempatan seperti ini, tentunya tidak rugi jika kita mau belajar Bahasa Inggris dengan lebih giat. Siapa tahu, karier kita bisa bekerja di perusahaan mutinasional terbaik.

2. Karier Bisa Terhambat

Tanpa penguasaan Bahasa Inggris yang cukup maksimal, karier kamu juga bisa mentok. Sebab, untuk mencapai tingkatan karier yang lebih tinggi, kemampuan Bahasa Inggris ini harus dimiliki. Misalnya, untuk jabatan seorang general manager yang banyak melakukan public speaking harus bisa berbicara dalam Bahasa Inggris.

3. Jaringan Kerja Juga Sempit

Tidak hanya dalam pekerjaan, adanya keterbatasan Bahasa Inggris akan membuat jaringan sosial di dunia kerja kita juga menjadi lebih sempit. Walaupun sudah era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) tapi kita masih belum bisa ikut serta dalam proses sosialnya. Jika kita mampu bercakap dalam Bahasa Inggris tentunya kita bisa lebih mengenal rekan kerja di jaringan Internasional.

4. Kalah Dalam Persaingan di Dunia Kerja

Biasanya ini merupakan hal yang sering membuat kita gagal berkompetensi dengan orang –orang yang berasal dari luar negeri. Hal ini terjadi, sebab kemampuan penguasaan Bahasa Inggris kita yang kurang maksimal. Tidak heran, pesaing – pesaing dari negara lain yang ternyata lebih mahir Berbahasa Inggris selalu menang dalam persaingan dunia kerja sekarang ini untuk sesi wawancara saja, biasanya sudah menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian, tes tulis yang juga berbahasa Inggris. Jika saja kita sudah memasuki tahap interview, namun karena Bahasa Inggris kita kurang maksimal, kita harus gagal di tahap ini.

Banyak Cara Belajar Bahasa Inggris di Zaman Sekarang

Karena zaman sudah begitu canggih, sebenarnya kita tidak perlu kesulitan lagi dengan Bahasa Inggris. Kita bisa belajar tidak hanya dari buku atau tempat les bahasa khusus. Dengan menyimak film dengan Bahasa Inggris, lagu dalam bahasa inggris, dan melihat kanal belajar Bahasa Inggris di Youtube, belajar Bahasa Inggris bisa menjadi semakin mudah.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini