Image

Cari Dana Rp500 Miliar, Chandra Asri Terbitkan Obligasi 3 Seri

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 21:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 13 278 1813441 cari-dana-rp500-miliar-chandra-asri-terbitkan-obligasi-3-seri-UcNWeT0Dxd.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) berencana menerbitkan Obligasi melalui mekanisme Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I dengan jumlah sebanyak-banyaknya Rp1 triliun. Adapun untuk tahap pertama, TPIA akan menerbitkan Obligasi dengan target dana sebanyak-banyaknya Rp500 miliar.

Presiden Direktur TPIA Erwin Ciputra mengatakan, dalam rangka aksi korporasi ini TPIA memberikan pilihan kepada masyarakat untuk memilih jangka waktu yang dikehendaki. Seri Obligasi yang ditawarkan ada 3 jenis, yaitu Obligasi Seri A dengan jangka waktu 3 tahun, Obligasi Seri B dengan jangka waktu 5 tahun dan Obligasi Seri C dengan jangka waktu 7 tahun dengan kupon obligasi yang dibayarkan masing-masing setiap triwulan.

Obligasi yang ditawarkan tersebut telah memperoleh hasil pemeringkatan idAA- (Double A Minus) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Dana yang diperoleh dari hasil emisi Obligasi setelah dikurangi oleh biaya emisi, akan digunakan seluruhnya untuk melakukan pembayaran sebagian utang berdasarkan Facility Agreement for USD94 juta Single Currency Term Facility, yang diperoleh TPIA pada 2015.

Erwin optimistis Obligasi ini akan mendapatkan respon yang positif dari investor. Seiring dengan kinerja keuangan TPIA yang mengalami peningkatan baik dari segi pendapatan, laba kotor, EBITDA maupun laba periode berjalan.

Pada aksi korporasi ini TPIA bekerjasama dengan PT BCA Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas yang bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi, serta dengan Wali Amanat dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

TPIA dan Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi merencanakan masa penawaran awal (book building) Obligasi ini akan dilakukan pada tanggal 13 – 24 November 2017, sedangkan perkiraan masa penawaran umum akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 Desember 2017 dan untuk pencatatan di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada tanggal 13 Desember 2017.

Adapun total aset, liabilitas dan ekuitas TPIA pada akhir semester 1 tahun 2017 mencapai masing-masing sebesar USD2,15 miliar, USD954 juta dan USD1.19 miliar. Ke depan, TPIA optimis dapat meningkatkan kinerjanya secara lebih baik dengan melihat potensi bisnis yang ada.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini