Image

BUSINESS HITS: Soal Kopi, China Lebih Pilih Indonesia ketimbang Vietnam

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 05:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 13 320 1813435 business-hits-soal-kopi-china-lebih-pilih-indonesia-ketimbang-vietnam-jocB82kkIN.jpg Ilustrasi Kopi. (Foto: Reuters)

BEIJING – Meningkatnya tren konsumsi kopi di China membuat para pengusaha kopi Indonesia berinisiatif untuk melakukan pertemuan dengan pengusaha China guna meningkatkan ekspor kopi dari Indonesia ke China. Indonesia diketahui merupakan produsen kopi terbesar kedua di China dengan angka sebesar USD34,1 juta, sedangkan posisi pertama ditempati oleh Vietnam yang mencapai angka USD368,8 juta.

Pertemuan ini melibatkan Asosiasi Pengusaha Indonesia di China Selatan (SCIBA) dan Asosiasi Pakar Kopi Indonesia (SCAI) serta para pengusaha dari Guangzhou, Shanghai, dan Hong Kong. Ketua SCIBA Tjin Pek Yan mengatakan Indonesia perlu berfokus pada produksi kopi arabika, sedangkan importir kopi asal China mengatakan jenis kopi yang perlu difokuskan adalah jenis robusta dalam bentuk kemasan.

Pertumbuhan konsumsi kopi per kapita di China terus mengalami peningkatan sebesar 15% sampai 30% per tahun. Padahal, rata- rata peningkatan konsumsi kopi di dunia hanya sebesar 2,3% per tahun.

Baca selengkapnya: Salip Vietnam, RI Dorong Ekspor Kopi ke China

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini