Image

Penyederhanaan Golongan Pelanggan Listrik, Kementerian ESDM: Masyarakat Harus Kontrol Diri Agar Tidak Boros

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 19:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 320 1813998 penyederhanaan-golongan-pelanggan-listrik-kementerian-esdm-masyarakat-harus-kontrol-diri-agar-tidak-boros-mucCfgKSKU.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) sedang menggodok penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi.

Penyederhanaan hanya berlaku bagi pelanggan dengan golongan 900 Va tanpa subsidi, 1.300 Va, 2.200 Va, dan 3.300 Va.

Untuk golongan 900 Va tanpa subsidi, akan didorong untuk meningkatkan daya menjadi 1.300 Va. Sedangkan, untuk golongan 1.300 Va, 2.200 Va, 3.300 Va, dan 4.400 Va akan dinaikkan menjadi golongan 5.500 Va.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengimbau dengan adanya peningkatan daya listrik, masyarakat tetap bijak dalam menggunakan teknologi listrik. Peningkatan daya, diharapkan dapat dialokasikan untuk hal - hal yang mendorong produktivitas.

"Kalau boros menurut saya banyak cara, kan masyarakat bisa melakukan pembatasan sendiri mereka di dalamnya. Kan bisa saja mereka melakukan kontrol-kontrol sendiri di situ," ujarnya di kantor Kementerian ESDM, Selasa (14/11/2017).

Baca juga: Soal Penyederhanaan Golongan Listrik, Kementerian ESDM: Kalau Masyarakat Tidak Setuju, Kebijakan Ini Tidak Perlu Dijalankan

Dadan menjelaskan, rencana ini dilatarbelakangi upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas masyarakat, terutama sektor UKM.

"Artinya adalah keleluasaan masyarakat untuk menggunakan listrik secara cukup. Kan sering mendengar listrik itu sering jeglek (turun), UKM juga bisa didorong untuk tumbuh dengan listrik yang cukup, dan harganya tidak berubah," kata dia.

Tidak hanya itu, lanjut Dadan, pemerintah juga bakal mengedukasi masyarakat tentang sikap bijaksana dalam penggunaan listrik. Sosialisasi ini akan dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Memang sekarang banyak, ada yang bertanya, nanti masyarakatnya tak terkontrol menggunakan listrik, saya kira itu kan di sisi yang lain pemerintah melakukan juga sosialisasi bagaimana menggunakan listrik yang baik, yang benar, seperti yang sekarang dilakukan PLN," tukas dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini