Image

Sederhanakan Golongan Pelanggan Listrik, Menteri Jonan: Kita Akan Lakukan Survei Online

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 19:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 320 1814042 sederhanakan-golongan-pelanggan-listrik-menteri-jonan-kita-akan-lakukan-survei-online-QguwQBo1py.jpg Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto: Trio Hamdani/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN tengah menggodok penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan bahwa untuk menyusun kebijakan ini, akan dilakukan survei. Maka tidak serta merta penyederhanaan kelas golongan untuk 900 volt ampere (va) tanpa subsidi, 1.300 va, 2.200 va, dan 3.300 va diterapkan begitu saja.

Baca juga: Penyederhanaan Golongan Listrik Tidak Mungkin Dilakukan dalam Sebulan!

"Nanti saya sudah minta PLN untuk membuat FGD (focus group discussion) dan survei secara online mungkin menggunakan juga portal komersial. Mudah-mudahan dalam waktu 1-2 minggu sudah selesai dan nanti biar PLN jelaskan tanggapan masyarakatnya dulu bagaimana," kata Jonan di kantornya, Selasa (14/11/2017).

Sejauh ini, sejak wacana tersebut bergulir, Jonan mengaku belum mengetahui respon masyarakat yang tidak setuju. Dia pun masih enggan memberikan komentar soal masyarakat yang tidak setuju atas penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik. Maka itu akan dilakukan survei terlebih dahulu.

Baca juga: Soal Penyederhanaan Golongan Listrik, Kementerian ESDM: Keputusan Belum Resmi

Selain itu, Jonan mengatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil dari FGD yang dimintanya untuk dilakukan oleh PLN yang hasilnya nanti akan digunakan dalam menyusun arah kebijakan.

Dia juga menambahkan bahwa kelas golongan pelanggan listrik bersubsidi tidak akan diotak-atik dalam kebijakan yang masih digodok itu. Hanya pelanggan listrik non subsidi yang akan mengalami penyesuaian penyederhanaan.

Baca juga: Bos PLN: 70% Masyarakat Ingin Daya Listriknya Ditambah!

"Kita akan bikin penyesuaian peraturan intinya kalau dari 450 va itu yang subsidi ya, itu enggak akan diubah. Yang 900 va yang subsidi itu enggak diubah. Yang 900 va yang rumah tangga mampu itu akan disesuaikan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini