nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Thailand Kepincut Investasi Peternakan Babi Berkualitas Ekspor di RI

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 15 November 2017 10:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814320 thailand-kepincut-investasi-peternakan-babi-berkualitas-ekspor-di-ri-QLGGJQ2kqr.JPG Ilustrasi: (Foto: Okezone)

MANADO – Duta Besar Thailand untuk Indonesia Mr Pitchayaphant Charnbhumidol berniat menanamkan investasi di bidang pertanian dan peternakan di Sulawesi Utara (Sulut).

Bahkan, Pitchayaphant rencananya akan menanamkan modal dalam berbagai jenis pertanian dan membangun peternakan babi terbesar berkualitas ekspor.

“Untuk pertanian sangat cocok dan tahun depan kami tertarik ingin membangun peternakan babi yang besar berkualitas ekspor,” ujar Pitchayaphant, seperti dikutip Kabag Humas Pemprov Roy Saroinsong.

Kunjungan kehormatan Duta Besar Thailand untuk Indonesia Pitchayaphant di Kantor Gubernur Sulut diterima Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wagub Steven Kandouw. Roy mengatakan, tujuan dilakukan kunjungan ke daerah Sulut selain untuk memperkenalkan diri, juga kerja sama di bidang pariwisata.

“Mereka tertarik mengembangkan teknologi pertanian, perikanan, dan peternakan,” ujarnya.

Thailand butuh suplai ikan yang banyak ke negaranya. Mereka juga menawarkan akan membuat perusahaan ikan di Bitung, ikan kaleng, dan lain-lain mengingat iklim cuaca di Sulut sama dengan Thailand.

Gubernur Olly sangat merespons niat baik dari Duta Besar Thailand itu. “Khusus pertanian, saya mengarahkan agar menanam buah-buahan serta sayur-sayuran untuk di ekspor,” kata Olly.

Selain itu, Olly juga menawarkan tanaman jenis jagung untuk bangun Silo dengan pengolahan yang bagus agar jagungnya tidak cepat rusak. Sementara di bidang perikanan, Dubes mengharapkan Sulut menyuplai ikan ke Thailand.

“Dia juga meminta untuk memfasilitasi pertemuan dengan Menteri Susi dan Menteri Perikanan Thailand,” ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini