Image

Kerajaan Ritel Berguguran, Zara Tutup 1 Toko di Australia

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 11:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814335 kerajaan-ritel-berguguran-zara-tutup-1-toko-di-australia-SwEF5HwnLy.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA – Satu per satu kerajaan ritel kembali runtuh. Buktinya, Zara akan menutup gerainya yang berada di pusat perbelanjaan Robina di Gold Coast, Queensland, Australia.

Sebab, Zara mempertimbangkan untuk memutus kontrak sewa tempat di pusat perbelanjaan Robina di Gold Coast.

Penutupan toko ritel ini sudah menjadi tren dunia, sebagaimana dikatakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Zara menutup toko di Australia karena tingginya persaingan sektor ritel di negara tersebut. Demikian seperti dilansir dailymail, Rabu (15/11/2017).

Ketidakpastiaan bisnis ini setelah Zara melebarkan sayapnya di Australia 6 tahun lalu. Zara membuka toko Australia pertamanya di Sydney's Pitt Street, dan satu tahun setelah membuka toko baru di Pacific Fair di Broadbeach di Gold Coast.

Juru bicara Zara menolak berkomentar atas rencana penutupan toko ini. Manajer Pusat Robina Town Anita Brown juga menolak memberikan komentar. "Tidak pantas bagi pusat perbelanjaan untuk mengomentari operasi komersial mitra ritel kami," jelasnya.

Sementara otoritas retail mengatakan, bisnis ritel saat ini masih bagus, namun setelah kedatangan Amazon, masyarakat beralih ke online. "Bahwa itu lebih penting daripada toko yang memanfaatkan teknologi dan hubungan dengan pelanggan mereka," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini