Image

Pesatnya Ekonomi Digital, Menkominfo: Dari Awalnya Orang Tak Berbisnis Jadi Ikut Gabung!

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 11:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814339 pesatnya-ekonomi-digital-menkominfo-dari-awalnya-orang-tak-berbisnis-jadi-ikut-gabung-1H8DMxSJaR.jpg Menkominfo Rudi Antara (Foto: Trio Hamdani/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Kementerian Koperasi dan UMKM mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk merambah bisnis berbasis digital (e-commerce).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa di tengah pesatnya pertumbuhan era digital harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil untuk meningkatkan bisnisnya. Hal itu, kata dia sejalan dengan cita-cita pemerintahan saat ini.

 Baca juga: Dukung Ekonomi Digital, Sri Mulyani: Infrastruktur Adalah Keharusan!

"Hiruk-pikuk, hingar-bingar dari perkembangan digital memberi peluang bagi tumbuh kembangnya UMKM memanfaatkan perkembangan teknologi. Bapak Presiden (Joko Widodo) pada pertemuan APEC beberapa hari lalu menyampaikan bahwa ekonomi digital harus didorong," katanya ketika ditemui di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Adapun upaya yang dilakukan untuk mendorong ekonomi digital di Indonesia, kata Rudiantara paling tidak ada 3 hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya dengan mendorong peran UMKM menuju pemanfaatan digitalisasi.

 Baca juga: Sri Mulyani: Generasi Millenial Bisa Menjadi Penggerak Ekonomi Indonesia

"Satu menumbuh kembangkan UMKM. Kedua untuk turunkan GAP atau kesenjangan. Tiga untuk ekonomi sharing," paparnya lebih lanjut.

Tambah dia, sebenarnya Indonesia sudah menerapkan ketiga hal tersebut, hanya saja belum dilakukan secara optimal. Namun dengan bermunculannya perusahaan digital market place seperti Tokopedia, Bukalapak, Blanja.com dan sebagainya, menurut dia telah memunculkan pelaku usaha baru.

 Baca juga: Ketemu dengan Blogger, Sri Mulyani Beberkan Kondisi Ekonomi Indonesia

"Bagaimana Tokopedia dari 2,5 juta merchant beberapa persen adalah orang yang tadinya individu atau kelompok orang yang tadinya tidak berbisnis. Begitu ada toko digital dia berbisnis. atau yang tadinya tidak berbisnis tidak menggunakan teknologi digital, jadi bergabung," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini