Image

Era Digital, Menkominfo Targetkan 8 Juta UMKM Masuk Bisnis Online

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 11:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814360 era-digital-menkominfo-targetkan-8-juta-umkm-masuk-bisnis-online-KWHTpotIER.jpg UMKM Go Online. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menilai perkembangan digital bukan suatu hal yang perlu dikawatirkan. Sebab, perkembangan era digital ini mampu memunculkan banyak enterpreneur baru.

Jika dulu banyak orang yang urung niat merintis usaha karena keterbatasan modal untuk mendapatkan lapak misalnya, saat ini hal itu tidak berlaku lagi. Dengan kemudahan yang didapat dari perkembangan digital menciptakan banyak pengusaha baru.

"Go-Jek, itu tumbuhkan enterpreneur baru, siapa yang suka masak mau jualan tadinya harus sewa tempat sekarang tidak perlu lagi, bisa dari dapur, dipackaging, dikirim lewat Go Food. Itu juga create enterpreneur baru," katanya ketika ditemui di Jakarta, Rabu (15/11/2017).


Baca juga: Dukung Ekonomi Digital, Sri Mulyani: Infrastruktur Adalah Keharusan!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Kementerian Koperasi dan UMKM pun saat ini tengah mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk merambah bisnis berbasis digital (e-commerce).

Sampai 2019, pihaknya menargetkan akan meng-online-kan sedikitnya 8 juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. "Sekarang baru totalnya 4,6 juta. Jadi fokusnya bagaimana tumbuh kembangkan UMKM agar jadi pemain utama dari perkembangan digital ekonomi," paparnya.

Baca Juga: Pesatnya Ekonomi Digital, Menkominfo: Dari Awalnya Orang Tak Berbisnis Jadi Ikut Gabung!

Dengan bertambahnya pelaku UMKM yang merambah bisnisnya secara digital diharapakan target pertumbuhan transaksi e-commerce yang sebesar USD130 miliar pada 2020. Berdasarkan data yang diungkap Kemenkominfo, dari hasil survei menunjukkan bahwa berbisnis online mampu meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26%.

Ditambahkan, untuk menjadikan UMKM go online, Kemenkominfo bekerjasama dengan sejumlah pihak marketplace, kementerian dan lembaga, komunitas hingga asosiasi e-commerce.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini