nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Sulit Sekali Jadi Jutawan? Mungkin Kurang Luasnya Relasi

Agregasi Minggu 19 November 2017 23:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814597 kenapa-sulit-sekali-jadi-jutawan-mungkin-kurang-luasnya-relasi-x0BtmA6lHa.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Siapa pun ingin sukses dalam hidupnya, termasuk Anda. Apalagi menjadi jutawan, siapa yang tidak mau? Namun, Anda selalu menghadapi kesulitan untuk meraih predikat jutawan tersebut. Bagi Anda yang memiliki standar hidup yang biasa saja, mungkin ada sesuatu yang mengganjal yang harus segera diperbaiki. Namun Anda sering kali tidak tahu penyebabnya. Jika Anda penasaran, berikut adalah lima sebab kenapa sulit sekali jadi jutawan.

1. Maunya Aman Tanpa Risiko

Salah satu penyebab utama sulit menjadi jutawan karena Anda tidak berani mengambil risiko. Padahal, risiko akan selalu ada dalam setiap kegiatan yang Anda lakukan. Misalnya, ketika ingin resign dari perusahaan. Anda juga kerap kali menunda-nunda waktu untuk merealisasikan rencana yang sudah dibuat. Padahal, rencana tersebut sudah dipikirkan matang-matang. Namun, Anda terlalu takut untuk segera bertindak.

Contoh konkretnya, Anda berencana ingin memulai bisnis kuliner. Untuk anggaran dan konsep bisnis, sudah Anda pikirkan matang-matang. Namun, Anda saat ini masih terikat jabatan di perusahaan. Anda pun bingung, apakah akan tetap bekerja di perusahaan atau melanjutkan bisnis? Terlintas juga pikiran bila suatu saat bisnis tidak maju. Padahal, Anda belum melakukan praktiknya.

Contoh di atas sangat sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Anda kerap kali tidak berani melepas sesuatu untuk sesuatu yang baru. Anda juga sering membuang kesempatan besar yang kemungkinan akan Anda raih. Jika terus seperti ini, Anda tidak akan dapat menjadi seorang jutawan. Percayalah.

2. Terlalu Banyak Berpikir

Sifat yang satu ini biasanya banyak ditemukan pada sifat remaja dan anak muda saat ini. Belum bertindak sudah memikirkan hal yang aneh-aneh. Banyak juga anak muda yang terlalu memikirkan masa depannya. Akibatnya, ia kerap kali dihantui rasa takut terhadap masa depannya kelak.

Jika Anda terus-menerus dihantui rasa takut, itu akan langsung mempengaruhi semangat Anda dalam menjalankan hidup. Anda sering kali menjadi lemas, emosi, dan khawatir. Perlu Anda ketahui, setiap orang pasti berpikir dan memiliki rasa takut. Apalagi kalau berkaitan dengan masa depannya. Lagi pula, siapa yang ingin memiliki masa depan yang suram? Tidak ada satu pun dari kita menginginkannya.

Jika Anda ingin menjadi seorang jutawan, kurangi terlalu banyak berpikir dan menyimpan rasa takut. Jalani hidup ini layaknya air mengalir. Percayalah, semua punya bagiannya masing-masing. Jika Anda gagal, Anda masih mempunyai seribu cara untuk meraih kesuksesan.

3. Tidak Adanya Konsistensi

Untuk menjadi sukses, setiap orang dituntut untuk konsisten. Tanpa konsistensi, Anda kerap kali bertindak sesuka hati dan semaunya. Lagi pula, tidak ada orang yang meraih kesuksesan dengan sifat malas.

Perlu Anda ketahui, seorang jutawan memiliki konsistensi di atas yang lainnya. Para jutawan juga sering menekankan diri untuk segera bertindak ketika sesuatu sudah ditugaskan kepadanya. Dengan begitu, tidak ada kata menunda-nunda waktu.

Jika Anda sulit untuk mengatasi rasa malas, mulailah dengan hal kecil yang dapat mendisiplinkan Anda. Misalnya, membuat jadwal kegiatan setiap hari. Jadwal ini nantinya akan membantu Anda untuk melihat kegiatan apa yang hendak dilakukan beserta waktunya. Dengan demikian, hidup Anda menjadi lebih teratur.

4. Kurang Luasnya Jaringan Relasi

Menjadi seorang jutawan membuat Anda harus memiliki jaringan relasi yang luas. Sebab pergaulan yang akan membuat Anda sukses saat berbisnis. Dalam hal ini, Anda harus memulai menjalin relasi dengan mereka yang memiliki visi dan misi yang sama. Tujuannya agar satu dengan yang lain dan bisa saling bertukar pikiran tentang meraih kesuksesan tersebut. Dengan begitu, akan terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan di antara kedua belah pihak.

5. Terlalu Nyaman

Nyaman itu bagus, tapi terlalu nyaman juga tidak bagus. Banyak dari Anda yang lebih memilih untuk selalu berada di zona nyaman daripada keluar dari zona tersebut. Berbagai macam alasan melatarbelakangi hal ini.

Jika Anda ingin menjadi orang sukses, bahkan jutawan, Anda harus berani keluar dari zona nyaman. Anda juga harus berani melakukan sesuatu dan membuat inovasi baru. Langkah ini sangat tepat untuk mengetahui apakah hal baru yang dilakukan berkembang atau stagnan.

Itulah penyebab yang membuat Anda sulit menjadi seorang jutawan. Padahal, kesempatan untuk menjadi jutawan itu terbuka bagi semua orang tanpa terkecuali. Hindari hal-hal di atas agar keinginan Anda terwujud.

(rzk)

Berita Terkait

Agregasi Cermati.com

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini