Image

Optimalisasi Aset Lahan, Pelindo IV dan BUMN Karya Bakal Dirikan Area Properti

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 17:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814609 optimalisasi-aset-lahan-pelindo-iv-dan-bumn-karya-bakal-dirikan-area-properti-gYcBU7q8Tp.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - PT Pelindo IV bekerjasama dengan badan usaha milik negara (BUMN) karya untuk mengoptimalkan aset lahan yang dimiliki perusahaan di bidang pelabuhan tersebut.

"Ada 21 pelabuhan kita semuanya punya lokasi strategis yang berada di dekat laut yang berhadapan langsung dengan laut dan dekat pelabuhan," kata Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV Farid Padang ketika ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (15/11/2017).

Lahan-lahan milik Pelindo IV yang saat ini pemanfaatannya belum begitu optimal akan digenjot dengan mendirikan area-area properti. Maka itu, perseroan menjalin kerjasama dengan sejumlah BUMN Karya, antaranya Adhi Karya, Wijaya Karya (Wika) dan Hutama Karya.

Adapun dari sekira 15 hektare lahan yang tersedia dari Pelindo IV, targetnya akan dibangun area properti seluas lebih dari 10 hektare. "Target secara total semua di atas 10 hektare. Lebih dari 10 hektare lahan," paparnya.

"Lahan-lahan yang tadinya enggak digunakan atau kita memindahkan lokasi-lokasi lahan, lahan itu kita gunakan untuk pengembangan properti dengan Adhi Karya, Wika maupun Hutama Karya. Sebenarnya kami tawarkan juga PT PP, kami tawarkan juga beberapa, siapa yang punya anak usaha properti kami kerjasamakan," lanjutnya.

Adapun valuasi dari pengembangan wilayah pelabuhan menjadi area properti diperkirakan lebih dari Rp20 miliar. "Perhitungan kita kalau pembangunan rata-rata pembangunan hotel bisa Rp20 miliar ke atas. Nah ini lahan sudah punya kita. Tinggal penyertaan itu yang kita hitung," jelasnya.

Ditargetkan pada 2018 pembangunannya sudah dapat dilakukan. "Akhir tahun sudah PKS (perjanjian kerjasama) untuk yang 3 karya (BUMN karya). Tahun depan sudah bisa mulai pembangunan," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini