Image

Pakai Aplikasi Mobile, BPJS Kesehatan: Gantikan 600 Karyawan yang Pensiun

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 18:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814645 pakai-aplikasi-mobile-bpjs-kesehatan-gantikan-600-karyawan-yang-pensiun-BS1IV59XBm.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hari ini. Peluncuran aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap peserta BPJS Kesehatan yang jumlahnya mencapai ratusan juta peserta.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, selain mempermudah masyarakat, adanya aplikasi tersebut juga membantu pihaknya. Pasalnya adanya aplikasi tersebut diproyeksikan untuk menggantikan 600 karyawan BPJS Kesehatan yang akan pensiun.

"Jadi nanti aplikasi ini akan menggantikan 600 tenaga kerja yang pensiun," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Fachmi menegaskan jika penggantian tenaga kerja oleh aplikasi bukan bersifat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Melainkan shifting dari pelayanan dari konvensional oleh 600 pegawai pensiun menuju mobile apps.

Baca juga: Antre Panjang Jadi Keluhan Masyarakat, BPJS Kesehatan Luncurkan Versi Mobile

Mengenai mekanismenya lanjut Fachmi, nantinya paska pensiunnya 600 karyawan , pihaknya tidak akan melakukan perekrutan karyawan baru untuk BPJS kesehatan. Pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan dengan menggunakan aplikasi, sehingga tidak ada korban PHK akibat aplikasi ini.

"Jadi saya tegaskan itu bukan PHK ya. Itu hanya shifting dari pelayanan langsung menuju aplikasi," tegasnya.

Sebagai informasi, untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apple Store. Aplikasi ini direkomendasikan untuk telepon pintar yang menggunakan sistem android versi 4.0 ke atas dan sistem iOS 10.

Setelah terpasang, peserta harus melakukan registrasi pada menu yang tersedia di mobile apps JKN. Kemudian, peserta bisa masuk dalam aplikasi dan memanfaatkan semua fitur yang tersedia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini