Image

Mentan Ajak Pemuda Kalimantan Kembangkan Pertanian Modern

Anisa Anindita, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 19:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814659 mentan-ajak-pemuda-kalimantan-kembangkan-pertanian-modern-GvyLWVoI1l.jpg Foto: Antara

PALANGKARAYA - Menteri Pertanian Amran Sulaeman mengatakan, sektor pertanian menjadi salah satu pendongkrak ekonomi Indonesia. Hal ini tercermin pada triwulan II-2017, sektor pertanian dalam arti luas menyumbang sebanyak 13,92%, sementara pada triwulan-I 2017 kontribusinya 13,59%.

Untuk terus menjaga pertumbuhan tersebut, perlu adanya penambahan sentuhan teknologi juga regenerasi berkelanjutan sumber daya manusia yang terjun langsung ke dunia pertanian. Oleh karena itu, Mentan Amran mengajak golongan muda untuk mengawal keberhasilan ini serta terjun langsung.

"Kita punya kebijakan, ngolah tanah pakai mesin, panen pakai mesin, tanam pakai mesin, semua pakai mesin,”  jelas Amran dalam kuliah umum di Universitas Palangkaraya, Rabu (15/11/2017).

Baca Juga: Top! Kementan Catat Banyak Mahasiswa Penemu Alat Pertanian di Indonesia

Sejauh ini, Kementarian Pertanian (Kementan), telah mampu mengajak ratusan ribu pemuda untuk terjun ke industri pertanian. Untuk ke sekian kalinya, Menteri Putra Bugis ini mengajak mahasiswa-mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk mengembangkan pertanian. Tidak asal bicara, Amran langsung memberikan berbagai bantuan alat mesin pertanian yang merupakan cermin dari mekanisasi pertanian.

Seperti biasa, Amran memotivasi mahasiswa yang hadir agar mampu menjadi tulang punggung harapan bangsa Indonesia. "Negeri ini milik kita semua, kalian yang akan melanjutkan,” ujarnya.

Baca Juga: Lindungi Petani Cabai dan Bawang, Kementan: Kita Ajak Bulog Beli saat Harga Jatuh

"Spirit itu jauh lebih penting,  Anda harus konsisten, Anda harus kerja keras. Mau sukses? Harus jujur, disiplin, dan kerja keras. Jangan tinggalkan ruangan ini sebelum mindset harus dibongkar,” semangatnya.

"Pelaut ulung lahir di ombak besar, bukan di kolam renang yang kecil,” tambahnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini